KP2KKN JAWA TENGAH

DEMI ANAK CUCU BERANTAS KORUPSI SEKARANG JUGA

Penerimaan Dana Asuransi dalam APBD 2003 Sah dan Legal


SUARA MERDEKA.com – Minggu, 06 Juli 2014

SEMARANG, suaramerdeka.com – Sebanyak 13 dari 17 tersangka tindak pidana korupsi asuransi DPRD Kota Semarang tahun 2003 menilai penerimaan dana yang dialokasikan dalam APBD Kota Semarang di tahun tersebut sah dan legal.

Sebab, dana asuransi jiwa merupakan bantuan keuangan sebagaimana tercantum dalam Keputusan Wali Kota Semarang Nomor 842.3/016 tertanggal 28 Januari 2003. Karenanya, penerimaan dana asuransi itu bukan bentuk tindak pidana.

Ketiga belas tersangka itu ialah Rudy Soehardjo, Heru Widyatmoko, Sri Munasir, Zaenuddin Bukhori, Sugiono, Siti Markamah, Adi Khuntoro, Leonard Andhik Suryono, Bambang Suprayogie, Idris Imron, dan Siyam Sutopo.

Melalui kuasa hukumnya, Musafak mengatakan, mata anggaran asuransi jiwa itu sah karena telah melalui mekanisme benar. APBD Kota Semarang itu juga tidak pernah dibatalkan sebagian atau seluruhnya oleh gubernur.

“Oleh sebab itu, para tersangka sebagai anggota DPRD Kota Semarang periode 1999-2004 berhak atas dana asuransi itu. Biaya asuransi itu pun telah dibayarkan Sekretariat DPRD Kota Semarang kepada PT Pasaraya Life Insurance.

Ini menunjukan asuransi tidaklah fiktif,”  jelasnya didampingi rekan kuasa hukum lainnya, Joko Suwarno.

Dalam kasus ini, berkas perkara korupsi dari kepolisian sudah sempat diserahkan ke jaksa penuntut umum dari Kejaksaan Negeri (Kejari) Semarang. Karena belum memenuhi syarat kelengkapan, berkas tersebut baru-baru ini dikembalikan lagi ke kepolisian.

Menurut Joko Suwarno, pihaknya kini telah mengajukan dua orang saksi meringankan yang telah diperiksa penyidik pada 3 Juli lalu.

“Saksi itu satunya merupakan mantan pejabat Pemkot Semarang dan satu lagi eks anggota Komisi C DPRD Kota Semarang,” tandasnya.

Dia menjelaskan, saksi itu telah menunjukan ke penyidik berupa surat bukti penerimaan dari Pemkot Semarang kepada perusahaan asuransi. Selain itu kuitansi titipan premi pertama perusahaan asuransi dari sekretariat DPRD, serta biaya polis asuransi.

( Royce Wijaya / CN19 / SMNetwork )

Sumber : http://m.suaramerdeka.com/index.php/read/news/2014/07/06/208460

Iklan

7 Juli 2014 - Posted by | SEMARANG

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: