KP2KKN JAWA TENGAH

DEMI ANAK CUCU BERANTAS KORUPSI SEKARANG JUGA

BPKP Didesak Tuntaskan Audit Persiba


SUARA MERDEKA.com – Sabtu, 05 Juli 2014

YOGYAKARTA, suaramerdeka.com – Kalangan pegiat anti korupsi mendesak Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) DIY agar segera menuntaskan audit anggaran Persiba. Sudah hampir sebulan, dokumen diserahkan ke tim audit tapi hingga kini hasilnya belum juga turun. Padahal data penghitungan itu diperlukan untuk mendukung penyidikan kasus dugaan korupsi dana hibah Persiba yang sedang ditangani Kejati DIY.

“BPKP terkesan sengaja mengulur waktu. Wajar jika akhirnya publik menduga ada skenario untuk menghambat bahkan menghentikan penyidikan perkara ini,” kata aktivis Jaringan Anti Korupsi (JAK), Erwan Suryono, Sabtu (5/7).

Spekulasi itu muncul karena sebentar lagi masuk tahap pelantikan anggota legislatif periode 2014-2019, yang dijadwalkan sekitar Juli-Oktober. Sementara, salah satu tersangka yakni Idham Samawi merupakan calon terpilih DPR RI.

Selain itu, lanjut Erwan, BPKP juga memiliki rekam jejak kurang baik dalam audit kerugian negara.  Contohnya pada kasus korupsi proyek Radio Bantul. “BPKP harus transparan dalam kasus Persiba ini. Jangan sampai masyarakat kembali kecewa,” ujarnya.

Pihak kejaksaan juga meminta agar audit diselesaikan. Sebab, hasil itu berpengaruh terhadap kelancaran proses penyidikan. “Kami siap membantu auditor jika ada kekurangan dokumen,” kata Kasi Penerangan Hukum Kejati DIY Purwanta Sudarmaji.

Kejaksaan sendiri telah melakukan penghitungan kerugian negara dalam perkara ini. Namun hasilnya tidak bisa menjadi acuan penyidikan, karena sesuai aturan perundangan itu merupakan wewenang auditor negara.

Ketika dikonfirmasi wartawan, Kabid Investigasi BPKP DIY Slamet Tulus Wahyana mengatakan, pihaknya terus berkoordinasi dengan penyidik termasuk jika ada kekurangan dokumen.

( Amelia Hapsari / CN33 / SMNetwork )

Sumber : http://m.suaramerdeka.com/index.php/read/news/2014/07/05/208352

7 Juli 2014 - Posted by | JOGJA RAYA

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: