KP2KKN JAWA TENGAH

DEMI ANAK CUCU BERANTAS KORUPSI SEKARANG JUGA

John Manoppo Dituntut 1,5 Tahun


SUARA MERDEKA.com – Kamis, 03 Juli 2014

  • Korupsi Dana PDAU Kota Salatiga

SEMARANG, suaramerdeka.com – Mantan Wali Kota Salatiga John M Manoppo dituntut satu tahun dan enam bulan dalam sidang perkara dugaan korupsi dana Perusahaan Daerah Aneka Usaha (PDAU) Kota Salatiga 2006-2008 di Pengadilan Tipikor Semarang, Kamis (3/7). Terdakwa juga dituntut membayar denda Rp 50 juta setara tiga bulan kurungan serta dibebani uang pengganti kerugian negara Rp 55 juta.

Tuntutan itu dibacakan secara bergantian oleh jaksa dari Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Salatiga Sujiyati dan Sujatmiko. “Berdasarkan fakta persidangan dan keterangan saksi, terdakwa John terbukti melakukan tindak pidana korupsi secara bersama-sama dan berlanjut sebagaimana dakwaan subsider. Kami menuntut terdakwa satu tahun dan enam bulan serta denda Rp 50 juta subsider tiga bulan,” tandas Sujiyati dalam sidang yang dipimpin ketua majelis hakim Suyadi.

Sebagaimana dakwaan subsider, terdakwa dijerat pasal 3 Undang-Undang (UU) Nomor 31/1999 sebagaimana diubah dan ditambah menjadi UU Nomor 20/2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi. John didakwa bersama-sama merugikan kas daerah melalui PDAU dengan total mencapai Rp 222 juta. Kerugian itu merupakan hasil perhitungan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Jateng.

Manoppo sendiri mengantongi Rp 55 juta, sedangkan sisanya dikantongi Direktur PDAU 2005-2010, Adi Sutardjo. Dalam perkara ini, Adi telah dijatuhi hukuman 13 tahun penjara. Pada sidang tersebut, jaksa menyatakan, uang kerugian negara Rp 55 juta itu juga sudah dikembalikan terdakwa. “(Uang, red) sudah dikembalikan pada penuntutan, kini dititipkan di rekening Kejari Salatiga di BRI,” tandasnya.

Sebelum menuntut terdakwa, jaksa mempertimbangkan hal memberatkan, yakni tindakan John merusak program pemerintah dalam memberantas korupsi. Selain itu juga berdampak negatif terhadap usaha Pemkot Salatiga. “Hal meringankan terdakwa berlaku sopan, menyesali perbuatannya, berusia lanjut, dan telah menitipkan uang Rp 55 juta sebagai kerugian negara,” jelasnya.

Atas tuntutan itu, John berencana akan mengajukan pembelaan pada sidang berikutnya pada Selasa (15/7).

 

( Royce Wijaya / CN38 / SMNetwork )

Sumber : http://m.suaramerdeka.com/index.php/read/news/2014/07/03/208131

Iklan

5 Juli 2014 - Posted by | SALATIGA

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: