KP2KKN JAWA TENGAH

DEMI ANAK CUCU BERANTAS KORUPSI SEKARANG JUGA

Saksi Akui Ganti Rugi Proyek SUTET Disunat


SUARA MERDEKA.com – Senin, 30 Juni 2014

YOGYAKARTA, suaramerdeka.com – Majelis hakim Pengadilan Tipikor Yogyakarta terus memeriksa saksi terkait korupsi proyek pembangunan jaringan Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (SUTET) di Desa Timbulharjo, Kecamatan Sewon, Bantul. Pada Senin (30/6), saksi yang dimintai keterangan sebanyak 17 orang dari pihak warga yang terkena dampak proyek.

Di hadapan persidangan dipimpin hakim Soewarno, seluruh saksi mengaku menerima ganti rugi. Namun nominalnya lebih kecil dari yang tertera di kuitansi. “Saya seharusnya terima Rp 5 juta lebih, tapi amplopnya cuma isi Rp 4,8 juta. Saya memang pernah dengar ada pemotongan 10 persen oleh panitia,” ungkap salah satu saksi, Pardiyo.

Keterangan senada disampaikan warga lain, Maryadi yang mengaku hanya menerima Rp 4,5 juta padahal di kuitansi tertulis Rp 15 juta. “Saya awalnya tidak tahu karena sewaktu tanda tangan ditutupi kertas,” ujarnya.

Bahkan ada warga yang mengaku tidak pernah menandatangani kuitansi, tapi namanya tercantum di daftar. Terkuaknya fakta penerima fiktif sebagaimana kesaksian yang disampaikan Wondo. “Saya tidak merasa tanda tangan, tapi nama saya ada di daftar penerima,” ungkapnya.

Sebagaimana diberitakan, tiga pegawai PLN yakni Misman Nurcahono, Samin Hadi Susanto, dan Surono disidang atas dakwaan korupsi proyek pembangunan SUTET tahun 2004-2005. Selain ketiganya, majelis juga memeriksa lima orang dari kalangan warga. Masing-masing Subakir (Kepala Dusun Ngentak, Desa Timbulharjo, Kecamatan Sewon), Sri Wanto (Kepala Dusun Kowen II), Setiyawan, Suharto, dan Djumakir Suhud. Mereka dijerat dengan pasal 2 ayat (1) dan pasal 3 UU nomer 31 tahun 1999 tentang Pemberantasan Tipikor.

( Amelia Hapsari / CN38 / SMNetwork )

Sumber : http://m.suaramerdeka.com/index.php/read/news/2014/06/30/207749

2 Juli 2014 - Posted by | JOGJA RAYA

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: