KP2KKN JAWA TENGAH

DEMI ANAK CUCU BERANTAS KORUPSI SEKARANG JUGA

Polda Selidiki Korupsi Jalan di Wonosobo


SUARA MERDEKA – Sabtu, 07 Juni 2014

SEMARANG -Penyidik Polda Jateng mendalami dugaan korupsi proyek pengerjaan jalan di Kabupaten Wonosobo.

Sebanyak lima kontraktor dan seorang pejabat di Bidang Bina Marga pada Dinas Pekerjaan Umum Wonosobo diduga terlibat.

Modusnya mengurangi bahan untuk perbaikan jalan sehingga tidak sesuai spesifikasi sebagaimana dalam kontrak.

Direktur Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Jateng, Kombes Djoko Poerbo Hadijoyo mengatakan, indikasi kuat keterlibatan mereka didapat dari audit BPKP yang menyebutkan sembilan proyek perbaikan jalan senilai Rp 9 miliar terindikasi korupsi yang merugikan negara sekitar Rp 1 miliar.

’’Ada satu paket proyek berisi sembilan perbaikan senilai sekitar Rp 9 miliar dengan delapan kontraktor dan satu pejabat pembuat komitmen. Tiga kontraktor jadi tersangka. Sisanya dimungkinkan akan menyusul jadi tersangka,’’ kata Djoko, Kamis (5/6).

Pejabat di DPU, kata Djoko, bisa menjadi tersangka apabila unsur-unsurnya memenuhi. Saat ini, pejabat yang namanya dirahasiakan penyidik itu statusnya masih saksi, namun tidak menutup kemungkinan menjadi tersangka.

Dana perbaikan jalan di sejumlah wilayah di Wonosobo merupakan bantuan dari APBD Perubahan Provinsi Jateng pada 2011. Dari pengerjaan tahun itu telah ditetapkan tiga tersangka, yakni Musholeh (CV Giat Perkasa Wonosobo), Domaeri (CV Mitra Usaha Mandiri), dan Agus Pujiantoro.

Kasubdit Tipikor Ditreskrimsus Polda Jateng, AKBP Agus Setyawan mengatakan, dari hasil gelar perkara menunjukkan sejumlah kontraktor terlibat dalam kasus tersebut.

Modusnya dengan mengurangi bahan campuran asphalt traeted base (ATB) dan hote rolled sheet (HRS) tidak sesuai spesifikasi dalam kontrak.

Cek Anak Buah

Terpisah, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Wonosobo Supriyanto membenarkan adanya sejumlah proyek jalan yang sedang disidik oleh penyidik Polda. Namun, dia tidak tahu jika ada dua pejabat di dinasnya yang dibidik. ’’Ya memang ada penyelidikan terkait proyek itu,’’ katanya.

Supriyanto mengatakan, pihaknya akan mengecek dan mengumpulkan sejumlah pejabat yang dimaksud. ’’Besok kami akan mengklarifikasi kepada pihak yang terkait mengenai masalah ini,’’ ujarnya. (H74,K44,H67-71 )

Sumber : http://m.suaramerdeka.com/index.php/read/cetak/2014/06/07/263726

Iklan

2 Juli 2014 - Posted by | WONOSOBO

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: