KP2KKN JAWA TENGAH

DEMI ANAK CUCU BERANTAS KORUPSI SEKARANG JUGA

Perusahaan Jepang Akui Suap Pejabat Kemenhub


SUARA MERDEKA – Jum’at, 06 Juni 2014

JAKARTA – Dugaan suap yang melibatkan seorang pejabat dari Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Indonesia ramai diberitakan di media massa Jepang.

Ia dituduh menerima suap dari Japan Transportation Consultants Inc (JTC) dalam proyek pembangunan perkeretaapian di Indonesia. Menurut laporan Japan Today pada Maret lalu, Tamio Kakinuma, Kepala JTC, mengakui telah memberikan suap sebesar 30 juta yen (Rp 3,4 miliar) kepada pejabat Indonesia.

Suap itu sebagai imbalan meloloskan tiga proyek yang digarap JTC di Indonesia. ”Kami mohon maaf karena menyebabkan pemegang saham dan mitra bisnis kami bermasalah dan khawatir,” kata pria 65 tahun ini. Namun ia menolak berkomentar lebih jauh sampai komite independen mengumumkan hasil penyelidikannya.

Penggelapan Pajak

Dirjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan, Hermanto Dwiatmoko membantah adanya praktik suap yang dilakukan JTC. ”Itu sebenarnya kejadian di sana (Jepang), tapi dilempar ke negara lain,” kata .

Hermanto menyatakan menurut penyelidikan di Inspektorat Jenderal Kementerian Perhubungan, kasus ini bermula dari penggelapan pajak yang dilakukan JTC di Jepang. Seperti diketahui, JTC memiliki proyek Overseas Development Assistant (ODA) di berbagai negara, seperti Vietnam, Uzbekistan, dan Indonesia. Sementara itu, proyek ODA Jepang di Indonesia dikontrol oleh Japan International Cooperation Agency (JICA). Disebutkan suap yang dikucurkan berjumlah sekitar 160 juta yen atau sekitar Rp 18,4 miliar. Dana itu dialokasikan untuk tiga negara selama 2009-2014.

Salah satu proyek di Indonesia yang diduga terindikasi suap adalah pembangunan jalur rel ganda. Indonesia menggandeng JTC dalam tiga proyek, yaitu pembangunan rel ganda Cikampek- Cirebon, rel ganda Kroya- Yogyakarta, serta elektrifikasi jalur utama Jawa dan double track.(dtc,ant-90)

Sumber : http://m.suaramerdeka.com/index.php/read/cetak/2014/06/06/263564

2 Juli 2014 - Posted by | BERITA KORUPSI NASIONAL

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: