KP2KKN JAWA TENGAH

DEMI ANAK CUCU BERANTAS KORUPSI SEKARANG JUGA

Korupsi Dana Kampanye, Sarkozy Ditahan


SUARA MERDEKA – Rabu, 02 Juli 2014

NANTERRE – Mantan Presiden Prancis, Nicolas Sarkozy (59)  ditahan untuk diinterogasi atas dugaan  menerima bocoran  penyelidikan penyimpangan dana kampanyenya pada Pilpres 2007. Sarkozy tiba pada Selasa (1/7) pagi waktu setempat  di kantor polisi yudisial di Nanterre, Paris barat. Ini merupakan langkah yang tak pernah dilakukan sebelumnya pada seorang mantan presiden.

Pengacara Sarkozy diinterogasi pada Senin (30/6). Dia dicurigai mencari informasi orang dalam terkait kasus yang menimpa mantan orang nomor satu di Perancis itu. Kejadian ini menyulitkan langkah Sarkozy yang rencananya bertarung lagi merebut kursi kepresidenan pada 2017.
Para penyidik berusaha mengorek keterangan apakah Sarkozy, yang pernah memerintah pada 2007-2012, pernah menjanjikan jabatan bergengsi di Monaco pada hakim tinggi, Gilbert Azibert sebagai balasan atas informasi tentang investigasi dugaan dana kampanye ilegal saat pencalonannya pada 2007.

Mereka mencari bukti Sarkozy telah diberi peringatkan sebelumnya bahwa teleponnya disadap. Adapun Azibert adalah salah seorang hakim senior di pengadilan tinggi dan sudah dimintai keterangan pada Senin. Hakim lain yang dimintai keterangan adalah  Patrick Sassoust dan pengacara Sarkozy, Thierry Herzog.

Tuduhan-tuduhan tentang Sar­kozy terkait penggalangan dan dan penyalahgunaan pengaruh, terus mengganggu keinginannya untuk kembali berada di garis depan perpolitikan Prancis. Lebih dari 2 tahun,orang Prancis sudah terbiasa mendengar cerita itu di media dan memunculkan kesan kurang baik terkait etika mantan presiden mereka.

Khawatir akan tuduhan pengum­pulan dana partai secara ilegal di­bong­­kar oleh para penyidik, Sarkozy dituduh memanfaatkan seorang ha­kim di pengadilan tinggi sebagai in­for­man  untuk membocorkan per­kem­­­bangan kasus yang menimpanya. Karena itu, hakim tersebut diselidiki apakah yang bersangkutan berusaha memengaruhi keputusan kasus tersebut atas permintaan Sarkozy atau tidak.

Tekanan Politik

Para pendukung Sarkozy me­nuduh para penyidik dipengaruhi secara politik oleh pemerintah. ‘’Bagaimana mungkin setiap Sarkozy berusaha kembali ke kancah politik, media dicekoki pelintiran-pelintiran baru  terkait investigasi.’’ Sebagai tambahan informasi, mantan Presiden Jacques Chirac, hukuman penjaranya ditangguhkan pada 2011 atas tuduhan penggelapan dan pelanggaran kepercayaan saat dia menjabat Wali Kota Paris.Para penyidik menahan Sarkozy selama 24 jam namun hal bisa diperpanjang sampai 48 jam.

Juru Bicara Pemerintah Perancis, Stephane Le Foll menepis bahwa ada tekanan politik pada sistem peradilan yang mengadili Sarkozy. ‘’Sistem peradilan berjalan dan akan kami pantau sampi akhir. Kedudu­kan Nicolas Sarkozy sama dengan warga negara lain di depan hukum.’’ Adapun sekutu Sarkozy memberikan dukungan padanya.

Wali Kota Nice, Christian Estrosi dalam kicauan di akun Twitter-nya menulis ‘’Tidak pernah mantan presiden menjadi korban perlakuan yang penuh kebencian.’’  Investigasi atas suami dari Carla Bruni itu sebenarnya dimulai pada Februari.  Diklaim, mantan Pre­siden Libya, almarhum Muammar Gaddafi menyokong dana kampanyenya.

Sarkozy bersikeras bahwa tu­duhan itu sarat politik. Kasus ini merupakan salah satu dari enam kasus hukum yang melibatkan Sarkozy baik secara langsung maupun tidak langsung, termasuk tuduhan yang paling baru yakni penyimpangan dana kampanye-nya pada 2012 yang gagal meng­antarnya sebagai presiden untuk kali kedua. Satu beban Sarkozy sebenarnya sudah diangkat pada Oktober tahun lalu saat pengadilan membatalkan penyelidikan atas dugaan mengeks­poitasi kelemahan mental salah seorang terkaya di Prancis, pewaris L’Oreal, Liliane Bettencourt untuk mendanai kampanyenya . (bbc-reuters-H11-68)

Sumber : http://m.suaramerdeka.com/index.php/read/cetak/2014/07/02/266238

Iklan

2 Juli 2014 - Posted by | BERITA POLITIK DAN BERITA UMUM

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: