KP2KKN JAWA TENGAH

DEMI ANAK CUCU BERANTAS KORUPSI SEKARANG JUGA

Pemeriksaan Tersangka Tunggu Saksi


SUARA MERDEKA – Selasa, 01 Juli 2014

  • Korupsi Bansos Pemprov Jateng

SEMARANG– Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jateng menunggu pemeriksaan saksi untuk memeriksa tiga tersangka dalam kasus dugaan korupsi dana bantuan sosial (bansos) Pemprov Jateng tahun 2010-2011. Padahal, penetapannya sudah dilakukan sejak Januari lalu.

Mereka adalah mantan kepala Biro Bina Sosial Sekretariat Daerah (Setda) Jateng Mohamad Yusuf, mantan kepala Biro Bina Mental Joko Mardiyanto (saat ini staf ahli Gubernur Jateng), dan mantan ketua Tim Verifikasi Proposal Bansos Joko Suyanto.

Kepala Kejati Jateng Babul Khoir Harahap menyatakan, pemeriksaan tersangka masih menunggu saksi-saksi diperiksa. Kini, penyidik Kejati masih fokus memeriksa sejumlah saksi tersebut. ”Sebagai tersangka, ketiganya memang belum diperiksa karena saksinya banyak. Ikuti saja perkembangannya,” katanya didampingi Kepala Seksi Pe­ne­rangan Hukum (Kasipenkum) Kejati Jateng Eko Suwarni.

Dibagi-bagi

Menurut dia, penanganan ko­rupsi dana bansos ini juga dibagi-bagi dengan daerah lain. Sesuai tugas pokok dan fungsi kewe­nang­annya, penanganannya di­terus­kan ke daerah-daerah.

”Kalau ketemu penyimpangan di Cilacap ya ditindaklanjuti di Cilacap. Begitu pula jika terjadi di Magelang. Kalau di provinsi ya tetap di Kejati,” tandasnya.

Dalam kasus ini, Kejati telah me­ningkatkan status perkara dari penyelidikan ke penyidikan. Ko­rupsi ini terjadi di pos ang­garan da­na bansos pendidikan tahun 2010 dan dana bansos kemasya­rakat­an di 2011. Adapun modus penyimpangannya me­lalui proposal fiktif.

Selanjutnya, setelah proposal disetujui, anggaran dipotong antara 15- 20 persen. Hasil laporan BPK Perwakilan Jateng meng­indika­sikan ada penyimpangan dana Rp 26,89 miliar. Dana itu disalurkan tanpa disertai pertanggungjawaban memadai. Selain tanpa laporan pertanggungjawaban, sejumlah alamat penerima bansos banyak yang fiktif.  (J17,J14-80)

Sumber : http://m.suaramerdeka.com/index.php/read/cetak/2014/07/01/266139

1 Juli 2014 - Posted by | SEMARANG, SEPUTAR JAWA TENGAH - PROV. JATENG

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: