KP2KKN JAWA TENGAH

DEMI ANAK CUCU BERANTAS KORUPSI SEKARANG JUGA

Temukan Surat Miskin Palsu


SEKAYU – Masa pendaftaran penerimaan peserta didik (PPD) Kota Semarang 2014 untuk jenjang SMA berakhir Jumat (27/6) pukul 11.00 kemarin. Sedangkan untuk jenjang SMK, masih dibuka hingga siang ini.
Pada penutupan pendaftaran kemarin, sejumlah panitia PPD SMA Negeri menemukan pendaftar yang melampirkan surat keterangan tidak mampu yang diduga abal-abal. Kebetulan pada PPD tahun ini, kuota siswa miskin sebesar 20 persen dari daya tampung. Hal itu menjadi celah bagi para calon peserta didik untuk berbuat curang.
Ketua PPD SMA Negeri 5 Semarang, Suharman, mengakui tak sedikit dari pendaftar yang melampirkan surat keterangan tidak mampu palsu. Hal itu terungkap saat pihak sekolah melakukan pengecekan ke rumah yang bersangkutan.
”Nyatanya ketika disidak ke kediaman siswa tersebut, ada yang rumahnya tingkat, ada pula yang orang tuanya PNS. Tapi memang ada pula yang saat kita sidak kondisi mereka memang dari keluarga kurang mampu,” jelas Suharman kepada Radar Semarang.
Wakasek Bidang Kesiswaan tersebut justru menyarankan para calon siswa kurang mampu agar mendaftarkan diri di SMK. Pertimbangannya, setelah lulus bisa langsung mencari pekerjaan. ”Misalnya, kalau tidak melanjutkan kuliah, kan sudah punya modal keterampilan jika lulusan SMK,” katanya.
Terkait nilai minimal di sekolahnya, menurut dia, bagi peserta PPD yang mendaftar ke SMA 5 dengan nilai di bawah standar, yakni 30,00, dipastikan bakal terdegradasi. ”Saya pastikan tidak diterima, jika siswa tersebut memiliki nilai di bawah 30,00,” tegasnya.
Pantauan Radar Semarang di SMA 5 hingga pukul 12.00 kemarin, nilai tertinggi pada pilihan pertama 39.77 yang berasal dari luar rayon, untuk terendah 23,61 dari dalam rayon. Sedangkan untuk pilihan kedua, nilai tertinggi 42,45 dari dalam rayon, terendah 22,92 dari dalam rayon.
Jumlah peserta yang sudah melakukan verifikasi terbanyak adalah SMA 11 dengan jumlah 1469 peserta dari 1.543 pendaftar, disusul SMA 15 sebanyak 1.398 dari 1.486 pendaftar, SMA 1 dengan jumlah 1.208 dari 1.274 pendaftar, SMA 9 sebanyak 1.281 pendaftar, dan SMA 5 sebanyak 1.188 dari 1.260 pendaftar. Hasil PPD tingkat SMA ini akan diumumkan pada Kamis, 3 Juli 2014 pukul 05.00.
Sedangkan untuk pelaksanaan PPD di jenjang SMK Kota Semarang, Jumat (27/6), merupakan hari terakhir pendaftaran online. Pendaftaran langsung ke sekolah masih dibuka hingga Sabtu (28/6) siang ini.
Kepala SMK 4 Semarang, Felik Yuniarto, mengatakan hingga kemarin, pendaftar terbanyak di sekolahnya untuk jurusan multimedia. Hingga pukul 14.00, jumlah pendaftar untuk jurusan ini mencapai 326 siswa. ”Tahun lalu pendaftarnya hanya 243 siswa, tahun ini jauh lebih banyak,” kata Felik.
Menurut Felik, minat siswa untuk belajar di jurusan multimedia tersebut dikarenakan semakin berkembangnya industri media saat ini. Namun di sisi lain, ia menyayangkan semakin sedikitnya minat siswa yang mendaftar di jurusan teknik gambar bangunan.
”Seharusnya jika melihat kesempatan kerja saat ini, jurusan teknik gambar bangunan prospeknya sangat bagus. Bisnis properti semakin banyak, itu kan pasar potensial,” ujarnya.
Untuk jurusan ini, hingga pukul 14.00 kemarin, baru 280 siswa yang melakukan verifikasi.
Ketika disinggung adanya unsur nepotisme maupun siswa titipan dalam PPD, Felik membantahnya. Menurutnya, hingga kini SMK 4 tidak pernah memberikan peluang untuk dapat terjadi unsur nepotisme saat PPD. ”Pihak SMK 4 tidak pernah menerima siswa yang sifatnya cadangan maupun titipan,” tutur Felik.
Hingga Jumat (27/6) pukul 15.00, jumlah pendaftar terbanyak untuk PPD jenjang SMK masih dipegang SMK 4 dengan jumlah pendaftar 2.210 siswa, disusul SMK 7 sebanyak 2.088 pendaftar, SMK 1 sebanyak 1.962 pendaftar, SMK 11 sebanyak 1.766 pendaftar, serta SMK 9 dengan jumlah pendaftar 1.640 calon siswa. Adapun hasil PPD SMK Kota Semarang akan diumumkan pada Senin, 7 Juli pukul 05.00. (mg1/aro/ce1)

Sumber : http://radarsemarang.com/2014/06/28/temukan-surat-miskin-palsu/

Iklan

29 Juni 2014 - Posted by | SEMARANG

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: