KP2KKN JAWA TENGAH

DEMI ANAK CUCU BERANTAS KORUPSI SEKARANG JUGA

Korupsi, Mantan Kepala PT KAI Dieksekusi


SUARA MERDEKA – Minggu, 29 Juni 2014

YOGYAKARTA, suaramerdeka.com – Mantan Kepala PT KAI (Persero) Daerah Operasional (Daops) 6, Yayat Rustandi akhirnya menerima vonis satu tahun penjara yang dijatuhkan kepadanya.

Pada sidang sebelumnya, terpidana yang kini menjabat Sekretaris PT KAI menyatakan pikir-pikir atas putusan dari Pengadilan Tipikor Yogyakarta. Setelah memutuskan tidak mengajukan banding, tim dari Kejari Yogyakarta dan Kejati DIY melakukan eksekusi pada Jumat (27/6) lalu.

“Terpidana maupun jaksa menyatakan terima atas putusan tersebut. Yayat sekarang menjalani hukuman di LP Wirogunan,” kata Kasi Penerangan Hukum Kejati DIY Purwanta Sudarmaji, Minggu (29/6).

Ketika dikonfirmasi wartawan, kuasa hukum Yayat Rustandi, Bimas Aryanta membenarkan bahwa kliennya tidak mengajukan banding. Pertimbangannya karena masa tahanan yang tinggal beberapa bulan.

“Setelah berdiskusi, kami putuskan tidak minta banding karena hanya akan menghabiskan waktu dan tenaga,” ujarnya.

Terdakwa lain dalam perkara ini, David Sianturi yang merupakan Direktur Utama PT Daya Hasta Multi Perkasa Jakarta juga menyatakan menerima vonis terhadap dirinya. Sama dengan Yayat, rekanan KAI dalam proyek revitalisasi Stasiun Lempuyangan Yogyakarta itu juga divonis 1 tahun penjara dan denda Rp 50 juta subsider dua bulan kurungan.

Dalam persidangan terpisah, keduanya dinyatakan terbukti melakukan korupsi anggaran proyek penataan Stasiun Lempuyangan Yogyakarta. Mereka divonis sesuai ketentuan dakwaan subsider pasal 3 UU nomer 31 tahun 1999 tentang Pemberantasan Tipikor.

Dalam kasus ini, Yayat dinilai bersalah karena mengeluarkan disposisi pelaksanaan prakualifikasi dengan metode lelang terbatas. Padahal sesuai PP nomer 29 tahun 2000 tentang Penyelenggaraan Jasa Konstruksi, lelang terbatas hanya dibolehkan untuk pekerjaan tertentu. Sementara proyek penataan Stasiun Lempuyangan tidak masuk dalam kategori tersebut.

( Amelia Hapsari / CN31 / SMNetwork )

Sumber : http://m.suaramerdeka.com/index.php/read/news/2014/06/29/207571

Iklan

29 Juni 2014 - Posted by | JOGJA RAYA

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: