KP2KKN JAWA TENGAH

DEMI ANAK CUCU BERANTAS KORUPSI SEKARANG JUGA

Kontraktor Keluhkan Kinerja LPKJ


SUARA MERDEKA – Rabu, 11 Juni 2014

  • Urus Sertifikasi Berbelit

KEBUMEN – Masyarakat jasa konstruksi di Jateng selatan mengeluhkan proses penerbitan sertifikasi badan usaha (SBU) oleh Lembaga Pengembangan Jasa Kon­struksi (LPJK) di Pusat mau­pun daerah yang lamban dan berbelit.

Menurut seorang kontraktor yang tergabung dalam Masyarakat Jasa Konstruksi Kebumen JB Maryono kemarin, beberapa hari lalu para pengusaha jasa konstruksi se-Kedu mengadakan konsolidasi di Mage­lang. Para kontraktor mengeluh, karena merasa terhambat dalam mengurus SBU maupun sertifikasi keahlian tenaga kerja konstruksi (SKA) dan Sertifikat Keterampilan Tenaga Kerja Konstruksi (SKT).

“Karut marutnya sertifikasi badan usaha ini berdampak luas dan membuat kami terpuruk. Pro­ses pelelangan di pemerintah daerah pun ikut terhambat. Akibatnya bisa mengurangi penyerapan anggaran pemerintah,” tandas Maryono didampingi anggota Gapensi Kebumen H Dirgoyuswo.

Menurut dia, keluhan para pengusaha jasa konstruksi terhadap pelayanan LPJK, karena lembaga itu terkesan tidak siap dengan perangkat keras dan perangkat lunak dalam memberikan pelayan­an dan melaksanakan aturan. Kon­sekuensinya, perlu ada pe­nam­bahan kapasitas perangkat keras dan lunak di LPKJ Pusat maupun di provinsi.

Pungutan      

Dia juga mengeluhkan sistem administrasi di LPJK dan asosiasi profesi serta tenaga kerja yang tidak tertata dengan baik. Hal ini menyebabkan proses pengurusan SKA dan SKT sebagai syarat mutlak pemenang lelang menjadi ikut terhambat.

Bahkan buruknya sistem dan ke­terbatasan kapasitas LPJK itu di­manfaatkan oknum di semua lini pe­layanan untuk melakukan pungutan yang tidak sedikit jumlahnya dan menciptakan ekonomi biaya tinggi.

Ketua LPJK Provinsi Jateng Satya Yuwana yang dihubungi per telepon kemarin membantah pihaknya menghambat pengurusan sertifikasi badan usaha. Sebaliknya, pihaknya justru bekerja keras dan memberikan pelayanan maksimal kepada para pengusaha jasa konstruksi dalam mengurus persyaratan. (B3-3288)

Sumber : http://m.suaramerdeka.com/index.php/read/cetak/2014/06/11/264051

Iklan

29 Juni 2014 - Posted by | KEBUMEN

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: