KP2KKN JAWA TENGAH

DEMI ANAK CUCU BERANTAS KORUPSI SEKARANG JUGA

Kejaksaan Tak ‘Target Operasi’ BPBD


SUARA MERDEKA.com – Minggu, 29 Juni 2014

KUDUS, suaramerdeka.com – Kejaksaan menegaskan penyidikan kasus dana bencana tahun 2012 di Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) tidak dimaksudkan aparat penegak hukum menjadikan insititusi tersebut sebagai target operasi (TO).

Proses hukum dilakukan karena ada dugaan penyalahgunaan kewenangan di dalamnya. Hal tersebut tidak dilakukan secara institusi tetapi personel yang menjabat di lingkup BPBD.

Penegasan tersebut dikemukakan Kepala Kejaksaan Negeri Kudus, Amran Lakoni, Minggu (29/6). Dia juga tidak sependapat bila ada yang beranggapan penyidikan sebagai satu bentuk menghambat kinerja pemerintah daerah. Justru, ”bersih-bersih” di lingkungan BPBD dimaksudkan untuk menciptakan good government. ”Tidak ada persoalan dengan BPBD,” tegasnya.

Pihaknya hanya melakukan apa yang seharusnya dilakukan. Langkah yang dilakukan yakni memeriksa mereka yang diduga melakukan kesalahan kebijakan, sehingga negara dirugikan. ”Fokus kami pada perbuatan yang dilakukan individu tersebut,” tandasnya.

Jadi, selama proses hukum berlangsung kinerja institusi tersebut terkait dengan penanggulangan bencana jalan terus. Pasalnya, objek penyidikan bukan institusi BPBD tetapi personel yang diduga melakukan penyelewengan.

Amran juga menampik keras bila ada yang berpandangan kasus itu bermuatan politis. Dia menegaskan ”tidak main” politik, melainkan hanya mencari fakta yuridis saja atas kasus ini. ”Selama ini juga tidak ada intervensi dari pihak manapun kepada saya,” paparnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, kasus dugaan korupsi di BPBD ini Kejaksaan telah menetapkan tiga tersangka. Bahkan, jumlah tersangka dimungkinkan dapat bertambah baik dari lingkungan PNS maupun rekanan. ”Mungkin saja terjadi,” ujarnya.

Terkait kerugian negara sampai saat ini memang belum diketahui pasti. Pasalnya menurut Amran, pihaknya masih menunggu hasil audit dari Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) terhadap anggaran tersebut.

( Anton WH / CN19 / SMNetwork )

Sumber : http://m.suaramerdeka.com/index.php/read/news/2014/06/29/207602

Iklan

29 Juni 2014 - Posted by | KUDUS

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: