KP2KKN JAWA TENGAH

DEMI ANAK CUCU BERANTAS KORUPSI SEKARANG JUGA

Bank Syariah Mandiri Terseret Kasus Koperasi PDAM Tirtanadi


KORAN ORBIT.COM – Sabtu, 28 Juni 2014

Medan-ORBIT: Dugaan korupsi pinjaman dari Koperasi PDAM Tirtanadi Sumut tahun 2010 dan 2011, memasuki babak baru. Bagai buka kulit nampak isi, kredit fiktif itu terungkap ketika Bank Syariah Mandiri ikut diproses.

Informasi yang diperoleh Harian Orbit, Jumat (27/6) tim Kejaksaan Negeri (Kejari) Medan telah memeriksa tiga orang Direksi Bank Syariah Mandiri Cabang Iskandar Muda.

Kemudian dari hasil pemeriksaan terungkap dana itu mereka ajukan melalui Bank Syariah Mandiri (BSM) kantor Cabang Pembantu (KCP) Iskandar Muda.

Dari pemeriksaan itu juga jumlah kredit fiktif itu ternyata sebesar Rp30 miliar sesuai dengan keterangan Kepala Seksi Pidana Khusus (Kasi Pidsus) Kejari Medan, Jufri Nasution kepada Harian Orbit baru-baru ini.

Menyikapi hal tersebut, LSM Ketua Barisan Rakyat Anti Pemerintahan Korupsi Indonesia (Bara Api), Dani Damanik, SE menilai dari kondisi tersebut, analisanya dari segi ekonomi telah menciderai sistem perbankan di Sumut khusunya atas perlakukan oknum Bank Syariah Mandiri.

“Apalagi ada juga oknum pegawai Bank Mandiri Syariah diduga ikut bekerjasama dengan pihak PDAM Tirtanadi untuk melakukan kredit fiktif. Kita mengharapkan prosesnya hukumannya dari segi ekonomi harus ditindaklanjuti,” katanya.

Lanjut dia, kalau memang nantinya ada tersangka baru dalam kasus tersebut, dan apalagi ditetapkan tersangka dari pihak bank, maka Bank Syariah Mandiri tersebut bisa ditutup secara paksa.

”Alasannya, mereka telah lalai dalam menjalankan tugas, mereka juga sudah berbohong kepada rakyat. Otoritas jasa keuangan (OJK) juga harus bertanggun jawab dengan hal ini karena itu adalah gawenya mereka,” katanya.

Tambah dia, DPRD Kota Medan juga harus mengambil langkah tepat untuk mengurusi kejadian tersebut. ”Bara Api Indonesia juga akan menyurati pihak Bank Syariah Mandiri untuk bertanggungjawab dengan hal ini,” ujar Dani Damanik.

Saat dikonfirmasi kepada petugas Bank Syariah Jalan Iskandar Muda, salah seorang pegawai Bank Syariah Mandiri Syariah Medan, Iman Wahyudi mengatakan pimpinan tidak bisa ditemui dengan alasan pimpinan sedang berada di luar.

“Maaf bang, ada surat tugasnya? ” kata Iman Wahyudi. Sambil menerima kartu tugas wartawan, petugas kemudian bergerak ke dalam bank tanpa memperbolehkan masuk.

Tidak berapa lama, Iman Wahyudi ke luar dari ruangan. Dia mengatakan tak satupun pimpinan berada di ruangan.

Ditanya lanjut tentang kasus dugaan korupsi pinjaman (kredit fiktif) koperasi PDAM Tirtanadi Sumut pada tahun 2012 senilai Rp30 miliar dirinya tidak mengetahui. ”Saya tidak mengerti soal itu,” katanya. Om-Jam

Sumber :  http://www.harianorbit.com/bsm-terseret-kasus-koperasi-pdam-tirtanadi/

Iklan

29 Juni 2014 - Posted by | BERITA KORUPSI NASIONAL

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: