KP2KKN JAWA TENGAH

DEMI ANAK CUCU BERANTAS KORUPSI SEKARANG JUGA

Sekolah Negeri?


MENJELANG  ramadan dan lebaran kembali para orangtua disibuki tujuh keliling menghadapi buah hatinya yang harus masuk sekolah, tamat dari Sekolah Dasar (SD) ke Sekolah Menengah Atas (SMP).

Bagaimana tak pusing? Selain menghadapi kebutuhan ramadan dan lebaran, harus memasukkan anak sekolah dengan biaya mahal, sekalipun sesungguhnya disebutkan SD dan SMP gratis.

Bagi masyarakat awam, gratis sama dengan tidak memakai biaya apapun (ditanggung negara). Apa yang terjadi? Pengalaman orangtua yang menyekolahkan anaknya di SD negeri tetap saja masih dimintai biaya ini dan itu, termasuk uang buku, dan uang apa saja yang aneh-aneh.

Pokoknya ada saja uang yang harus dibayar dari mulai masuk SD sampai tamat. Nah sesudah tamat SD Negeri, mimpi mendapat gratis ke SMP Negeri. Di sini, orangtua bagaikan dijebak Nilai Ebtanas Murni (NEM) yang diterima 30, artinya nilai tertinggi. Tentu untuk sekolah dianggap favorit, SMPN1, SMPN2, SMPN3, SMPN 4  dan seterusnya.

Tetapi untuk anak orang kaya NEM rendah bisa diatur dengan uang. Sehingga sekolah favorit disebut sekolah untuk anak pejabat dan anak orang kaya. Karena sekolah negeri dianggap memiliki kualifikasi baik.

Padahal tidak ada jaminan sekarang ini kalau anak-anak belajar di sekolah negeri lantas dia akan menjadi lebih baik dan lebih berprestasi dibanding dengan yang belajar di sekolah swasta.

Yang penting pertanyaannya, apakah benar sekolah negeri diciptakan hanya untuk orang berduit? Setiap tahun ajaran baru menjadi tahun yang miris, sebagai sesama warga negara, orang miskin seperti diciptakan tidak boleh di sekolah negeri.

Kemudian, mengapa sekolah negeri menjadi mahal dan sulit digapai  oleh anak orang miskin sekalipun NEM tinggi dan memadai. Benarkah itu, setiap datang tahun ajaran baru, pelaksanaan di lapangan menjadi lahan musim panen duit oknum-oknum guru serakah? Adhuh!

Sumber : http://www.harianorbit.com/sekolah-negeri/

Iklan

27 Juni 2014 - Posted by | ARTIKEL

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: