KP2KKN JAWA TENGAH

DEMI ANAK CUCU BERANTAS KORUPSI SEKARANG JUGA

Upah Pungut Pajak BBM DKI Bocor Rp 200 M


JPNN.COM – Selasa, 17 Juni 2014

JAKARTA – Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Bambang Widjajanto mengatakan ada kebocoran penerimaan upah pungut pajak minyak dan solar di lingkungan Pemda DKI Jakarta sebesar Rp 200 miliar untuk tahun 2013.

Penyebabnya menurut Bambang karena tidak sinkronnya data yang dimiliki Pertamina dengan Pemprov DKI Jakarta.

“Kajian KPK bersama BPKP ditemukan adanya kebocoran dari penerimaan pajak upah pungut minyak dan solar di lingkungan pemprov DKI Jakarta sebesar 200 miliar rupiah. Ini disebabkan tidak adanya pencatatan elektronik yang benar. Data yang ada kemudian menjadi tidak sinkron antara yang dimiliki pertamina dengan pemda DKI Jakarta,” kata Bambang, kepada wartawan di gedung DPR, Senayan, Selasa (17/6).

KPK, lanjutnya, sempat memeriksa apakah ada modus operandi tertentu yang menyebabkan penerimaan pajak berkurang. Temuan KPK membuktikan bahwa ini semua disebabkan oleh sistem yang tidak online.

“Harusnya kan catatan minyak dan solar yang keluar dari Pertamina sama dengan catatan minyak dan solar yang masuk. Ini tidak sama sehingga upah pungutnya pun tidak sesuai. Harusnya kalau yang keluar 10, yang masuk ke DKI juga 10, tapi ini tidak sama sehingga pajaknya pun tidak sesuai,” ungkapnya.

Lebih lanjut Bambang menegaskan selain DKI Jakarta, daerah-daerah lain pun mengalami kebocoran yang sama termasuk untuk pungutan pajak minyak dan solar di laut dan udara. KPK, jelasnya,  telah berupaya meminta Pemda DKI Jakarta memperbaiki sistem mereka dan saat ini KPK diyakini bahwa Pemda DKI Jakarta telah melakukan upaya perbaikan.

“Nanti untuk 2014 ini kita cek lagi, apa masih ada kebocoran. Saya harapkan tidak ada lagi kebocoran penerimanan pajak sehingga 200 miliar rupiah yang tidak jelas, bisa didapatkan kembali,” harapnya. (fas/jpnn)

Sumber : http://www.jpnn.com/read/2014/06/17/240931/Upah-Pungut-Pajak-BBM-DKI-Bocor-Rp-200-M-

26 Juni 2014 - Posted by | BERITA KORUPSI NASIONAL

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: