KP2KKN JAWA TENGAH

DEMI ANAK CUCU BERANTAS KORUPSI SEKARANG JUGA

PRIMA : Program Revitalisasi Integritas Mental Aparatur


PRIMA : Program Revitalisasi Integritas Mental Aparatur

Program Revitalisasi Integritas Mental Aparatur (PRIMA) merupakan sebuah program pembelajaran antikorupsi yang diperuntukkan bagi penyelenggara negara. Menurut UU no. 31 tahun 1999 jo. UU no. 20 tahun 2001, korupsi merupakan delik perkara yang terkait dengan kerugian keuangan negara, penyuapan (pemberian sesuatu/janji kepada penyelenggara negara), penggelapan dalam jabatan, perbuatan pemerasan, perbuatan curang, benturan kepentingan dalam pengadaan barang/jasa, dan gratifikasi.

 

Sebagian besar dari perbuatan korupsi, dilakukan oleh penyelenggara negara. Untuk itulah, pembelajaran antikorupsi yang berfokus pada revitalisasi integritas mental bagi aparatur negara menjadi hal yang sangat penting. KPK menerbitkan sebuah modul PRIMA yang khusus untuk penyelenggara negara.

Materi Pengenalan Diri

Setiap orang rentan untuk korupsi. Setiap orang punya potensi untuk merespon secara tepat perilaku korupsi. Setiap orang dapat berpikir dulu sebelum bertindak. Setiap orang harus memberikan respon yang tepat terkait penolakan atas korupsi.

Negara membutuhkan “manusia yang sudah selesai dengan dirinya”, untuk siap menjadi penyelenggara negara. Sering kali kita menganggap “manusia yang sudah selesai dengan dirinya” adalah orang yang sudah kaya secara materi atau berada di puncak karir jabatannya. Padahal kita mengetahui bahwa banyak pejabat yang korup adalah orang yang kaya, atau mereka yang berada di puncak karir jabatannya. Pejabat seperti ini adalah “golongan manusia yang tidak selesai dengan dirinya”.

Pemahaman terhadap konsep diri amatlah penting. Manusia yang telah mengenal dirinya dengan baik, selayaknya ia menemukan konsep diri yang jelas. Dengan demikian, ia sedang menuju gerbang menuju “manusia yang sudah selesai dengan dirinya”, dan ia pantas untuk diberi amanah dalam mengelola negara dan melayani rakyat, menjadi penyelenggara negara.

Beberapa panduan fundamental untuk menjadi penyelenggara negara yang benar adalah sebagai berikut:

  • Memahami dan menjalani dengan benar “untuk apa manusia hidup di dunia. Semakin tipis ke-aku-an diri, akan muncul watak pengabdian untuk masyarakat.
  •  Memahami dan menjalani dengan benar, konsep diri ideal menurut Tuhan, diri sendiri, dan orang lain. Semakin tipis ketidaktahuan tentang konsep diri, akan muncul kesadaran jiwa yang mulia.
  •  Terus-menerus memantau perubahan diri dalam mencapai kedudukan tertinggi di mata Tuhan dan manusia. Semakin tipis kemalasan, akan muncul semangat perbaikan diri.
  • Terus-menerus menanamkan kesadaran dan visi tertinggi, bahwa manusia adalah pemimpin di muka bumi. Semakin tipis keserakahan, akan muncul watak kepemimpinan yang mengayomi.

Modul selengkapnya Program Revitalisasi Integritas Mental Aparatur (Modul PRIMA), bisa didownload di bawah ini.

Sumber : http://acch.kpk.go.id/ed_pak_pendidikan-anti-korupsi-untuk-penyelenggara-negara

 

 

26 Juni 2014 - Posted by | BERITA KPK

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: