KP2KKN JAWA TENGAH

DEMI ANAK CUCU BERANTAS KORUPSI SEKARANG JUGA

Mantan Kepala Disperindag Brebes di Ganjar 18 Bulan Penjara


BREBES NEWS.CO – Senin, 23 Juni 2014

BREBESNEWS.CO – Mantan kepala dinas perdagangan dan industri (Disperindag) kabupaten Brebes Herman Adhi HW, yang disidang hakim tipikor Semarang akhirnya di putus dengan hukuman satu tahun enam bulan penjara dengan uang denda 50 juta rupiah atau 2 bulan subsider. Vonis putusan tersebut sama persis dengan tuntutan Jaksa Penuntut Umum Kejaksaan Negeri Brebes.

Herman dinyatakan terbukti bersalah dengan telah menyalahgunakan kewenangannya terkait korupsi proyek pengadaan paket kecil tahun 2011 dengan anggaran 402 juta rupiah. Sidang dilaksanakan Kamis 19 Juni lalu.

Demikian disampaikan Kajari Brebes Shierly Sumuan SH,MH melalui Kasi Intel Jaksa Mohamad Antoni SH, usai merayakan ultah hari Adhyaksa ke 54 di kantor Kejari Brebes, Senin (23/6/2014).

Menurut Mohamad Antoni, pasal yang dituduhkan oleh terdakwa yakni pasal 3 jungto pasal 18 Undang-undang no 31 1999 sebagai mana yang diubah UU nomor 20, th 2001 jungto pasal 55 ayat 1 ke 1 KUHP.

“Untuk hukuman Herman Adhi dihukum dengan putusan 1,6 tahun subsider 2 bulan. Sedang untuk uang pengganti sudah dibayarkan,” ujar M. Antoni

Lebih lanjut M.Antoni mengatakan Hakim sependapat dengan jaksa bahwa terdakwa (Herman Adhi) telah memerintahkan kepada anak buahnya, Laswardi, untuk merekayasa dokumen penawaran lelang, pencairan anggaran serta pelaksanaan pengadaan.

Dari 13 paket pengadaan dalam proyek tersebut, hanya ada satu paket yang dikerjakan rekanan. Sementara 12 paket lainnya dikerjakan sendiri oleh Laswardi dengan meminjam bendera 12 rekanan.

Laswardi atas perintah terdawa pun merekayasa paket pengerjaan dengan hasil kualitas rendah. Dalam operasinya, tiap bendera CV yang dipinjam, diberi fee sebesar 3 persen. Jaksa juga mengungkap anggaran Rp 390 juta hanya dibelikan peralatan untuk 12 paket sebesar Rp 169 juta.

Dari keuntungan itu, sebesar Rp 40 juta dinikmati Herman, sisanya dibagikan ke sejumlah rekanan yang benderanya dipinjam serta pihak lain.

Sementara itu Laswardi berdasarkan keterangan M.Antoni mendapat hukuman 2 tahun 6 bulan dengan uang denda 50 juta subsider 2 bulan.

“Untuk Laswardi uang yang dibebankan untuk mengganti sebesar 132 juta rupiah belum dibayarkan. Dengan tidak ada itikad mengembalikan, dia ( Laswardi )  akan menambahi beban hukuman sebanyak 8 bulan lagi atau bila dijumlah sebanyak 3 tahun 2 bulan penjara”kata Mohamad Antoni SH. (AFiF.A)

Sumber : http://brebesnews.co/2014/06/mantan-kepala-disperindag-brebes-diganjar-18-bulan-dan-laswardi-26-bulan-penjara/

26 Juni 2014 - Posted by | BREBES

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: