KP2KKN JAWA TENGAH

DEMI ANAK CUCU BERANTAS KORUPSI SEKARANG JUGA

KPK Tahan Dua Tersangka Dugaan Suap Proyek Kementerian PDT


Jakarta, 17 Juni 2014. Untuk kepentingan penyidikan dugaan tindak pidana korupsi pemberian hadiah atau janji terkait dengan pengurusan Anggaran Pendapatan Belanja Negara Perubahan (APBN-P) tahun anggaran 2014 pada Kementerian Pembangunan Daerah Tertinggal (PDT) untuk proyek pembangunan Talud di Kabupaten Biak Numfor Provinsi Papua, penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menahan kedua tersangka, yaitu TR (Swasta) dan YS (Bupati Biak Numfor periode 2014 – 2019).

Tersangka TR ditahan untuk 20 hari ke depan terhitung mulai hari ini di Rumah Tahanan Negara Kelas I Jakarta Timur Cabang KPK. Sedangkan tersangka YS ditahan di Rumah Tahanan Negara Kelas I Jakarta Timur Cabang KPK yang berlokasi di Pomdam Jaya Guntur.

Sebelumnya, berdasarkan hasil pemeriksaan dan gelar perkara yang dilakukan sebagai tindak lanjut dari kegiatan penangkapan yang dilakukan penyidik KPK, ditemukan bukti permulaan yang cukup untuk menetapkan keduanya sebagai tersangka. 

Tersangka TR disangkakan melanggar pasal 5 ayat (1) huruf a atau b atau pasal 13 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001.

Sementara tersangka YS yang diduga sebagai pihak penerima, disangkakan melanggar pasal 12 huruf a atau b atau pasal 5 ayat (2) jo. pasal 5 ayat (1) huruf a atau b atau pasal 11 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001.

Penetapan tersangka bermula dari kegiatan operasi tangkap tangan yang dilakukan KPK pada Senin (16/6). Saat itu, KPK menangkap TR dan YS di sebuah hotel di Jakarta Pusat. Dalam operasi tangkap tangan tersebut, KPK menemukan barang bukti uang yang dimasukkan ke dalam dua amplop senilai 100.000 Dolar Singapura yang diduga merupakan uang pemberian TR untuk mendapatkan proyek pembangunan Talud di Kabupaten Biak Numfor Provinsi Papua pada Kementerian PDT. Selain menangkap kedua tersangka, penyidik juga mengamankan tiga orang lainnya yakni supir dan ajudan. Ketiganya, usai menjalani pemeriksaan diijinkan untuk pulang.

 

Untuk informasi lebih lanjut, silakan menghubungi:

Johan Budi SP
Hubungan Masyarakat
Komisi Pemberantasan Korupsi
Jl. HR. Rasuna Said Kav C-1
Jakarta Selatan
(021) 2557-8300
http://www.kpk.go.id | Twitter: @KPK_RI

Sumber : http://www.kpk.go.id/id/berita/siaran-pers/1921-kpk-tahan-dua-tersangka-dugaan-suap-proyek-kementerian-pdt

Iklan

26 Juni 2014 - Posted by | BERITA KPK

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: