KP2KKN JAWA TENGAH

DEMI ANAK CUCU BERANTAS KORUPSI SEKARANG JUGA

Silpa APBD 2014 Rp 1,6 Triliun


SUARA MERDEKA – Jum’at, 13 Juni 2014

  • PPP Sebut Terbesar dalam Sejarah

image
SM/dokAlfasadun : Ganjar Pranowo

SEMARANG – Sisa Lebih Penggunaan Anggaran (Silpa) APBD Jateng tahun anggaran 2014 tercatat Rp 1,6 triliun. Angka tersebut memancing pertanyaan dari Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (FPPP) DPRD Jateng. Sekretaris FPPP Alfasadun menyatakan, jumlah sisa anggaran itu tidak lazim, terlalu besar dan menunjukkan kinerja pemerintahan Gubernur Ganjar Pranowo tidak memuaskan. ”Sangat tidak wajar. Silpa Rp 1,6 triliun, sebuah angka yang terbesar dalam sepanjang sejarah di pemerintahan provinsi ini,” katanya di Gedung Berlian, Kamis (12/6).

Besaran Silpa, menurut Alfasadun, menunjukkan banyaknya pekerjaan yang tidak diselesaikan oleh satuan kerja perangkat daerah (SKPD). Bisa juga dinilai gubernur belum mampu mengoordinasikan SKPD.

Masa Transisi

Anggota Komisi C ini melanjutkan, di sisi lain masyarakat sangat menunggu realisasi APBD untuk kesejahteraan mereka.  Silpa yang terlalu besar ini menurut Alfasadun akan berdampak pada pada pembahasan APBD perubahan. Menyikapi kritikan itu, Gubernur Ganjar Pranowo mengaku tidak ambil pusing.  Besarnya angka silpa, menurut Ganjar, dikarenakan tiga hal.

Pertama, pada masa transisi pemerintahan, banyak mata anggaran yang disesuaikan karena boros. Selain itu, terdapat surat edaran dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan Kementerian Dalam Negeri untuk menyetop pencairan dana bansos dan hibah tertentu. Faktor ketiga adalah naiknya pendapatan asli daerah secara signifikan. (H68,J8-90)

Sumber : http://m.suaramerdeka.com/index.php/read/cetak/2014/06/13/264310

25 Juni 2014 - Posted by | SEPUTAR JAWA TENGAH - PROV. JATENG

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: