KP2KKN JAWA TENGAH

DEMI ANAK CUCU BERANTAS KORUPSI SEKARANG JUGA

Mantan Sekjen Kemenlu Dituntut 3 Tahun Penjara


SUARA MERDEKA.com – Rabu, 25 Juni 2014

JAKARTA, suaramerdeka.com – Jaksa Penuntut Umum dari Komisi Pemberantasan Korupsi menuntut mantan Sekretaris Jenderal Kementerian Luar Negeri, Sudjadnan Parnohadiningrat dengan tiga tahun penjara.

Sudjadnan keberatan dengan tuntutan tersebut. Apalagi jaksa mewajibkannya membayar uang pengganti Rp 330 juta. Dia menyatakan tidak pernah menerima uang terkait kegiatan dan konferensi internasional pada tahun 2004-2005.

“Saya sudah sumpah saya tidak terima uang. Saya teriak-teriak pada waktu itu. Sekali lagi, saya tidak terima uang,” kata Sudjadnan usai mengikuti persidangan di Pengadilan Tipikor Jakarta, Rabu (25/6).

Dia menyebut penyimpangan pelaksanaan kegiatan dan konferensi internasional dilakukan anak buahnya yakni Warsita Eka yang menjabat Karo Keuangan Kemenlu dan Kepala Bagian Pelaksana Anggaran Sekjen Kemenlu saat itu I Gusti Putu Adnyana. “Ini perbuatan orang lain. Perbuatan anak buah saya di luar sepengetahuan saya. Pak Warsita Eka dan Putu Adnyana,” ujarnya.

Menurut dia, hukuman terhadap Warsita dan I Gusti Putu nantinya harus lebih berat. “Kalau saya tiga tahun, dia harus 16 tahun itu. Formatnya semua mereka format. Namanya kepala biro keuangan kan yang mengelola uang,” tegas Sudjanan.

Dia dituntut 3 tahun penjara, denda Rp 200 juta subsidair 4 bulan kurungan. Sudjanan dianggap terbukti menyalahgunakan kewenangan dalam pelaksanaan kegiatan pertemuan dan konferensi internasional di Kemlu tahun 2004-2005. Dia juga dituntut membayar uang pengganti Rp 330 juta.

“Terdakwa menyalahgunakan kewenangannya dengan mengupayakan supaya kegiatan tersebut dapat dilaksanakan dengan menunjuk langsung PCO dan swakelola,” ujar jaksa.

( Budi Yuwono / CN38 / SMNetwork )

Sumber : http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/news/2014/06/25/207132/Mantan-Sekjen-Kemenlu-Dituntut-3-Tahun-Penjara-

Iklan

25 Juni 2014 - Posted by | BERITA KORUPSI NASIONAL

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: