KP2KKN JAWA TENGAH

DEMI ANAK CUCU BERANTAS KORUPSI SEKARANG JUGA

Kabag Pembangunan Divonis 20 Bulan


SUARA MERDEKA – Selasa, 17 Juni 2014

  • Korupsi APBD Jepara 2012

SEMARANG – Kepala Bagian (Kabag) Pembangunan Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Jepara Winiastuti divonis satu tahun dan delapan bulan dalam kasus dugaan korupsi APBD Kabupaten Jepara 2012 terkait pembangunan jalan dan saluran di tiga lokasi di Desa/ Kecamatan Welahan.

Winiastuti juga diputus membayar denda Rp 50 juta, jika tidak dibayar diganti pidana tiga bulan penjara. “Terdakwa telah terbukti melakukan korupsi bersama-sama, kami menjatuhkan pidana satu tahun dan delapan bulan,” kata Ketua Majelis Hakim Maryana saat membacakan putusannya dalam sidang di Pengadilan Tipikor Semarang, Senin (16/6). Vonis hakim itu lebih ringan empat bulan dari tuntutan Jaksa Djaka Tutuka selama dua tahun penjara. Atas putusan itu, baik terdakwa maupun jaksa menyatakan pikir-pikir.

Tak Sesuai Bestek

Saat proyek berlangsung, Winiastuti merupakan Panitia Pengawas Hasil Pekerjaan (PPHP). Sebelumnya, pegawai Dinas Cipta Karya Tata Ruang dan Kebersihan (Cipkataru) Kabupaten Jepara Rama Fitrian selaku pengawas pembangunan telah divonis satu tahun dan empat bulan penjara dalam perkara yang sama. Pembangunan proyek ini tidak sesuai bestek dan Rancangan Anggaran Biaya (RAB) Dinas Cipkataru dan Kebersihan Kabupaten Jepara.

Sebagaimana diketahui, tiga titik proyek pembangunan jalan dan saluran itu nilainya Rp 900 juta dari APBD Jateng tahun 2012. Meski pekerjaan pembangunan jalan dan saluran tak dilaksanakan 100 persen, namun pembayaran dilakukan 100 persen. Berdasarkan audit keuangan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Jateng tanggal 6 November 2013, ditemukan selisih volume dan besi terpasang. Perbuatan terdakwa menurut BPKP Jateng merugikan keuangan Rp 291 juta atas kelebihan bayar yang dinilai sebagai keutungan CV Jujur Jaya Mandiri. Dalam sidang tersebut, Winiastuti mendapatkan dukungan moral dari PNS Pemkab Jepara yang hadir mengikuti jalannya persidangan. (J17,J14-80)

Sumber : http://m.suaramerdeka.com/index.php/read/cetak/2014/06/17/264678

25 Juni 2014 - Posted by | JEPARA

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: