KP2KKN JAWA TENGAH

DEMI ANAK CUCU BERANTAS KORUPSI SEKARANG JUGA

Hakim Perintahkan Jaksa Tahan Sunaryo


SUARA MERDEKA – Selasa, 24 Juni 2014

  • Korupsi Jalan di Pekalongan

SEMARANG – Wakil Direktur CV Gemini Bangkit, Sunaryo (76) didakwa korupsi dana peningkatan jalan Kalijambe- Ponolawen, Kabupaten Pekalongan tahun anggaran 2012 dalam sidang di Pengadilan Tipikor Semarang, Senin (23/6).

Dakwaan itu dibacakan jaksa Kejari Kajen, Nanuk. Terdakwa yang semula masih menghirup udara bebas akhirnya diperintahkan untuk ditahan di Lapas Kedungpane, Semarang oleh Ketua Majelis Hakim, Suyadi. Penetapan penahanan itu dilakukan setelah Suyadi berembuk dengan dua anggota majelis hakim.

“Hakim menetapkan dan memerintahkan terdakwa untuk ditahan selama 30 hari, terhitung 23 Juni sampai 22 Juli. Ditetapkan (ditahan) di Semarang. Penuntut umum diminta melaksanakan,” tegas Suyadi. Mendengar keputusan itu, terdakwa terkejut. Melalui kuasa hukumnya, Sunaryo mengajukan penangguhan penahanan, tapi hakim menolak.

Kembalikan Uang

Jaksa mendakwa Sunaryo melakukan penyimpangan dalam proyek peningkatan jalan Kalijambe-Ponolawen yang dikerjakan dengan dana APBD Kabupaten Pekalongan tahun 2012 sebesar Rp 897 juta. Pada 16 Maret 2012, terdakwa bersama stafnya Hartono (sudah meninggal dunia) melakukan perbuatan memperkaya diri sendiri.

Ia didakwa melanggar Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana diubah dan ditambah dalam UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi. Atas penetapan hakim, Jaksa Nanuk menyatakan, siap melaksanakan.

“Setelah menerima salinan surat keputusan itu, kami akan langsung menindaklanjuti penetapan hakim,” jelasnya. Ketika ditanya mengapa selama ini terdakwa tidak ditahan, Nanuk mengemukakan, Sunaryo sudah tua dan telah mengembalikan uang kerugian negara Rp 53,7 juta. (J17,J14-59)

Sumber : http://m.suaramerdeka.com/index.php/read/cetak/2014/06/24/265377

25 Juni 2014 - Posted by | KAJEN - KAB. PEKALONGAN

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: