KP2KKN JAWA TENGAH

DEMI ANAK CUCU BERANTAS KORUPSI SEKARANG JUGA

17 Calon Sekda Jateng Lolos Administratif


SUARA MERDEKA.com – Selasa, 24 Juni 2014

SEMARANG, suaramerdeka.com – Masa pendaftaran calon sekretaris daerah (sekda) Provinsi Jawa Tengah berakhir Selasa (24/6). Dari 44 pendaftar, hanya 17 yang lolos administrasi.

Ketua Panitia Seleksi (Pansel) Prof Sudharto P Hadi mengatakan, 44 pendaftar berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Latar belakang pendaftar ada yang pegawai negeri, dosen, karyawan swasta, pekerja event organizer, bahkan sarjana S1 fresh graduated.

“Tidak semuanya paham jabatan sekda. Mungkin sekda dikira sekretaris seperti perusahaan biasa,” katanya, di Sekretariat Pansel, Wisma Perdamaian Semarang, Selasa (24/6).

Tentu saja selain PNS yang sudah eselon II dan pernah menduduki dua jabatan sekelas kepala dinas, dinyatakan tidak memenuhi syarat. Sebanyak 17 yang lolos terdiri atas satu pejabat Kementerian Dalam Negeri, satu pejabat Kementerian Koordinator Kesehatan Rakyat, dan satu dosen Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS).

Kemudian, satu PNS dari Pemerintah Kota Lubuk Linggau Sumatera Utara, serta tiga PNS masing masing dari Pemerintah Kabupaten Pati, Purworejo, dan Karanganyar. Sepuluh calon sekda tersisa, berasal dari lingkungan Pemprov Jateng sendiri. Di antaranya, ada dari asisten gubernur, staf ahli, dan kepala dinas.

Menurut Rektor Universitas Diponegoro itu, identitas 17 nama belum bisa disebutkan. Pihaknya akan mengumumkan kepada publik pada 27 Juni. “Pendaftaran tidak perlu diperpanjang. Orang-orang potensial di Pemprov Jateng juga semua sudah mendaftar,” katanya, didampingi Rektor Universitas Katolik Soegijapranata Prof Budi Widianarko.

Seleksi terbuka Sekda Prov Jateng akan berlanjut pada Sabtu (28/6) dengan tes uji gagasan tertulis. Mulai 30 Juni dimulai tes kompetensi meliputi pengetahuan, keahlian, sikap, dan manajerial. Selanjutnya, calon mengikuti tes wawancara pada 12-13 Juli.

“Pada 13 Juli Pansel akan mengambil enam calon peringkat teratas untuk dilaporkan pada gubernur. Kemudian gubernur memilih tiga calon untuk diusulkan ke Kemendagri,” kata Sudharto.

Budi Widianarko menambahkan, seluruh calon akan ditelusuri rekam jejaknya. Pansel akan aktif bertanya kepada pihak terkait, termasuk lembaga penegak hukum. Masyarakat juga diharapkan memberi masukan kepada pansel pada 30 Juni hingga 4 Juli.

“Rekam jejak ini akan menjadi pertimbangan lolos tidaknya calon ke tahap selanjutnya,” kata Budi.

Menurut pendapat Sudharto P Hadi, sesuai keinginan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, Sekda harus lah orang yang menguasai persoalan Jateng, memahami visi misi gubernur, dan mengerti politik anggaran. Melihat kisi-kisi gubernur ini, maka calon dari internal Pemprov memiliki peluang lebih besar.

“Internal punya keuntungan karena berkarier di tingkat provinsi sejak lama dan lebih memahami Jawa Tengah,” nilainya. Dalam kesempatan itu juga diumumkan pergantian anggota Pansel. Sonya Helen Simbolon, anggota pansel dari wartawan mundur karena pindah tugas ke Jakarta. Gubernur menunjuk Wakil Gubernur Heru Sudjatmoko sebagai pengganti.

( Anton Sudibyo / CN19 / SMNetwork )

Sumber : http://suaramerdeka.com/v1/index.php/read/news/2014/06/24/207050

Iklan

25 Juni 2014 - Posted by | SEPUTAR JAWA TENGAH - PROV. JATENG

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: