KP2KKN JAWA TENGAH

DEMI ANAK CUCU BERANTAS KORUPSI SEKARANG JUGA

UGM Bantah Uang Penjualan Aset Digunakan Pribadi


SUARA MERDEKA.com – Kamis, 19 Juni 2014

YOGYAKARTA, suaramerdeka.com – Pihak Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta memberikan klarifikasi terkait dugaan korupsi yang menjerat empat dosen di institusinya.

Menurut Dekan Fakultas Pertanian UGM, Dr Jamhari MP, keputusan yayasan menjual tanah di Dusun Plumbon, Desa Banguntapan, Bantul didasarkan pada hasil rapat pleno.

Penjualan tanah seluas 4.000 meter persegi itu karena dianggap sudah tidak cocok dijadikan penelitian, sehingga perlu diganti objek lain.

“Penjualan itu didasarkan rapat pleno dosen yang merupakan anggota Yayasan Pembina Fakultas Pertanian UGM atau Fapertagama,” katanya kepada wartawan, Kamis (19/6).

Dalam rapat itu juga diputuskan tim yang bertugas melakukan proses jual-beli; terdiri atas tiga orang dosen Fakultas Pertanian yakni Triyanto, Ken Suratiyah, dan Toekidjo. Penugasan itu dikuatkan dengan surat kuasa yang ditandatangani Ketua Yayasan Fapertagama saat itu, Susamto Somowiyarjo.

Menurut Jamhari, uang hasil penjualan tanah itu tidak digunakan untuk kepentingan pribadi, melainkan masuk ke kas yayasan. “Uang itu masuk ke yayasan dan digunakan untuk membeli lahan lain sebagai pengganti tanah Plumbon yang lebih cocok untuk penelitian,” ujarnya.

Sebagaimana diberitakan, empat dosen Fakultas Pertanian UGM ditetapkan menjadi tersangka oleh Kejaksaan Tinggi (Kejati) DIY dalam kasus dugaan korupsi penjualan aset milik universitas.

Empat tersangka itu yakni Prof Susamto Somowiyarjo (mantan Ketua Majelis Guru Besar UGM), Dr Triyanto (Wakil Dekan III Fakultas Pertanian), Ir Ken Suratiyah MS (dosen Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian), dan Ir Toekidjo (dosen Jurusan Budidaya Pertanian).

Kasi Penerangan Hukum Kejati Purwanta Sudarmadji mengatakan, tim penyidik masih mengumpulkan alat bukti termasuk menyangkut penghitungan kerugian negara. Kendati telah menetapkan status tersangka, sejauh ini penyidik belum menjadwalkan pemanggilan.

( Amelia Hapsari / CN33 / SMNetwork )

Sumber : http://m.suaramerdeka.com/index.php/read/news/2014/06/19/206423

23 Juni 2014 - Posted by | JOGJA RAYA

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: