KP2KKN JAWA TENGAH

DEMI ANAK CUCU BERANTAS KORUPSI SEKARANG JUGA

Kasus UGM Ditelisik ke Penggelapan Pajak


SUARA MERDEKA.com – Minggu, 22 Juni 2014

YOGYAKARTA, suaramerdeka.com – Kasus dugaan korupsi penjualan aset milik Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta, tidak tertutup dikembangkan ke manipulasi pajak. Direktorat Jenderal Pajak (DJP) DIY akan mendalami perkara tersebut.

“Bisa saja diusut kalau memang ada indikasi kesana (penggelapan pajak). Kami akan lakukan pendalaman lebih dulu,” kata Kepala Kanwil DJP DIY Rudi Gunawan Bastari, Minggu (22/6).

Sejauh ini, pihaknya belum menerima informasi dari Kejaksaan Tinggi (Kejati) DIY terkait persoalan ini. Jika ditemukan unsur penggelapan pajak, biasanya penyidik akan berkoordinasi dengan DJP.

Meski belum mendaat informasi, pihaknya akan melakukan langkah jemput bola dengan mengecek laporan pajak penjualan lahan milik UGM di Dusun Plumbon, Desa Banguntapan, Bantul.

Kendati demikian, Rudi akan melakukan langkah jemput bola dengan mengecek laporan pajak penjualan aset UGM ke Kantor Pengelolaan Pajak (KPP) Bantul.

Menurut Kasi Penerangan Hukum Kejati DIY Purwanta Sudarmadji, dugaan manipulasi pajak itu tidak masuk dalam ranah kewenangan kejaksaan. Pihaknya fokus pada penyidikan tindak pidana korupsi dan pencucian uang.

“Soal pajak itu bukan wewenang kami. Biar instansi lain yang menangani,” ujarnya.

Sebagaimana diberitakan, Kejati DIY menetapkan empat dosen Fakultas Pertanian UGM sebagai tersangka kasus korupsi penjuaan aset milik universitas. Masing-masing Prof Susamto (guru besar UGM yang pernah menjabat Ketua Yayasan Fapertagama), Dr Triyanto (Wakil Dekan III), Toekidjo (dosen Jurusan Budidaya Pertanian), dan Ken Suratiyah (dosen Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian).

Modus yang dilakukan para tersangka dengan memanipulasi laporan penjualan aset tanah milik UGM di Plumbon. Lahan tersebut dijual seharga Rp 2 miliar, tapi dalam laporan pajak hanya ditulis Rp 1,2 miliar.

( Amelia Hapsari / CN33 / SMNetwork )

Sumber : http://m.suaramerdeka.com/index.php/read/news/2014/06/22/206753

23 Juni 2014 - Posted by | JOGJA RAYA

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: