KP2KKN JAWA TENGAH

DEMI ANAK CUCU BERANTAS KORUPSI SEKARANG JUGA

Tambahan Anggaran Rawan Bermasalah


SUARA MERDEKA – Rabu, 11 Juni 2014

SEMARANG – Komisi D DPRD Jateng mempertanyakan alasan gubernur mengajukan tambahan anggaran Rp 252 miliar mendahului APBD Perubahan. Dewan menilai tidak ada unsur kedaruratan dan mendesak dalam usulan yang disampaikan kepada Direktur Anggaran Daerah Kemendagri itu. ’’Jika Pemprov sejak awal punya iktikad untuk berkonsultasi dengan legislatif, kami menyarankan agar mempercepat APBD Perubahan, bukan dengan cara mengajukan anggaran mendahului APBD Perubahan.

Sebab, ini rawan bermasalah dengan hukum,’’ kata anggota Komisi D Hadi Santoso. Alasan kedaruratan digunakan oleh Pemprov Jateng untuk memberikan anggaran tambahan kepada lima dinas, yakni Dinas Bina Marga, Dinas Pertanian, Dinas PSDA, Dinas Ciptakaru, dan Dinas Peternakan. Untuk Dinas Ciptakaru, tambahan anggaran digunakan untuk pembangunan rumah, Dinas PSDA terkait pembangunan dinding penahan tanah. Sementara Dinas Peternakan dan Dinas Pertanian digunakan untuk bantuan ternak dan bibit. ’’Khusus untuk Dinas Peternakan dan Dinas Pertanian, konteks kedaruratan perlu dipertanyakan,’’ujarnya. Tambah Risiko Menurut dia, Direktur Anggaran Daerah menyarankan agar mengevaluasi kembali usulan tersebut jika tidak tergolong darurat. Dalam hal ini, Kemendagri tidak dalam posisi menyetujui karena dana itu tidak masuk APBD. ’’Kami mencatat beberapa dinas tidak membutuhkan dana darurat. Jika Rp 232,5 miliar untuk Dinas Bina Marga diputuskan dan dilaksanakan sekarang, proses pekerjaan juga masih harus menunggu lelang,’’ ujarnya.

Dari total anggaran murni Dinas Bina Marga, baru 24 persen yang terserap untuk pekerjaan fisik. Masih ada 76 persen anggaran murni yang disetujui, belum dilaksanakan. ’’Pengajuan anggaran mendahului APBD Perubahan justru menambah risiko,’’ tandasnya. Meski begitu, DPRD sepakat menyerahkan sepenuhnya masalah itu pada gubernur. Yang jelas, Komisi D dan perwakilan Badan Anggaran telah berkonsultasi dengan Kemendagri. (J8,H68-59)

Sumber : http://m.suaramerdeka.com/index.php/read/cetak/2014/06/11/264043

18 Juni 2014 - Posted by | SEPUTAR JAWA TENGAH - PROV. JATENG

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: