KP2KKN JAWA TENGAH

DEMI ANAK CUCU BERANTAS KORUPSI SEKARANG JUGA

Separuh Dewan Bolos Sidang


SUARA MERDEKA – Sabtu, 14 Juni 2014

  • Kinerja Gubernur Dikritisi

image
SM/Maulana M FahmiBANYAK KURSI KOSONG:  Anggota DPRD Jateng mengikuti sidang paripurna di Gedung Berlian, Jl Pahlawan Semarang, kemarin. Dalam sidang tersebut banyak kursi yang kosong karena hanya dihadiri 30 orang dari 98 anggota Dewan. (58)

SEMARANG – Delapan fraksi di DPRD Jateng mengkritik kinerja Gubernur Ganjar Pranowo karena dinilai belum memuaskan.

Kritikan tersebut disampaikan dalam Sidang Paripurna, Jumat (13/6), yang hanya diikuti 30 orang dari 98 anggota Dewan.

Karena sebanyak 68 anggota Dewan membolos, sidang de­ngan agenda Penyampaian Pan­dangan Umum Fraksi atas Per­tanggungjawaban APBD 2013 itu pun terasa lengang. Banyak kursi kosong di ruang sidang lantai empat Gedung Berlian.

Padahal, sidang yang seharusnya mulai pukul 08.30 itu sudah di­molorkan untuk me­nunggu ke­datangan wakil rakyat. Na­mun, hingga pukul 10.00, De­wan yang hadir tetap tidak mam­pu memenuhi separuh kur­si yang ada. Dari 30 anggota DPRD yang masuk itu terdiri dari Komisi A hanya ada dua orang yang hadir, Komisi B de­la­pan orang, Komisi C empat orang, Komisi D enam orang, dan Komisi E delapan orang.

Bahkan dari lima pimpinan DPRD, hanya dua wakil ketua yang hadir, Abdul Fikri Faqih dan Bambang Priyoko. Semen­tara Pelaksana Tugas (Plt) Ketua DPRD Rukma Setyabudi serta dua wakil ketua lain, Bambang Sadono dan Jayus tidak terlihat.

Rapat Banggar

Diwawancara awak media usai me­mimpin sidang, Fikri berdalih bah­wa sidang sepi karena pada saat yang sama ada ra­pat Badan Ang­garan (Banggar). Karena si­dang paripurna tidak butuh kuorum, maka Badan Mu­syawarah te­tap mengagendakan sidang. ”Banggar sedang rapat, tapi tidak ta­hu di mana. Ter­ma­suk Pak Ruk­ma juga ikut Bang­gar,” katanya.

Selain itu, sebagian anggota Ko­misi E sedang berada di Ba­tam untuk mendampingi kontingen Jateng di ajang Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat nasional.  ”Ada yang ke Batam sebagian. Termasuk dua anggota Fraksi PPP ikut ke sana, yang lima semua masuk sidang,” kata Ketua Fraksi PPP Istajib AS.

Sementara itu, dalam pandangan umum fraksi, seluruhnya berisi kritikan terhadap ki­nerja Pemprov Jateng. Pan­dang­an umum Fraksi PPP yang dibacakan Yahya Haryoko menyatakan pemerintahan Ganjar tidak ada bedanya dengan gubernur-gubernur sebelumnya. Bukti­nya, pendapatan asli daerah 2013 masih didominasi pajak daerah. Sementara pengelolaan kekayaan daerah dan badan usaha milik daerah (BUMD) dinilainya tidak memenuhi target. ”Realisasinya hanya 94,18 persen,” tegas Yahya.

Kritikan juga dilayangkan Fraksi PDIP yang notabene merupakan partai asal Ganjar Pranowo. Dalam pandangan umum fraksi yang dibacakan Ma­ria Tri Mangesti, PDIP me­nya­takan kinerja pembangunan ekonomi Jateng 2013 cukup menggembirakan. Dibuktikan dengan laju pertumbuhan eko­nomi, laju inflasi, dan nilai tukar petani yang angkanya lebih baik dibanding rata-rata nasional.

Tapi, Jateng masih menuai ma­salah krusial di sektor kemis­kinan. Jumlah penduduk miskin pada 2013 sebesar 14,4 persen atau 4,7 juta jiwa. Angka ini mas­ih di bawah rata-rata nasional, yakni 11,47 persen. Apalagi, tingkat pengangguran juga naik dari 5,63 persen pada 2012 menjadi 6,02 persen pada 2013.

Terpisah, Ganjar menyatakan, pihaknya akan menjelaskan permasalahan tersebut dalam rapat paripurna mendatang. ”Tidak apa-apa. Semua kritikan bagus. Kami akan menjelaskan dalam paripurna pekan depan,” kata Ganjar. (H68,J8-71)

Sumber : http://m.suaramerdeka.com/index.php/read/cetak/2014/06/14/264429

18 Juni 2014 - Posted by | SEPUTAR JAWA TENGAH - PROV. JATENG

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: