POSKOTA news.com – Senin, 16 Juni 2014

JAKARTA (Pos Kota) – Masyarakat sangat penting menilai seberapa besar komitmen capres-cawapres (calon presiden/calon wakil presiden) dalam memberantas korupsi, kalau mereka terpilih nanti.

Itu disampaikan Koordinator Divisi Monitoring Hukum dan Peradilan Indonesia Corruption Watch (ICW) Emerson Yuntho dalam diskusi media bertajuk Membedah Visi Misi Capres 2014: Jokowi VS Prabowo, Siapakah Yang Paling Bersih dari Korupsi? yang digelar Lingkar Kajian Wartawan Pemilu (LKWP) di Hotel Whiz Jakarta, Minggu (15/6).

“Masyarakat tidak hanya menilai dari visi, misi dan program serta rekam jejak calon semata, tapi juga perlu ditelusuri rekam jejak partai politik (parpol) pendukung pasangan calon,” kata Emerson.

Ia menjelaskan upaya ini penting agar presiden dan wakil terpilih nantinya tidak terbelenggu oleh politik sandera atas kasus-kasus korupsi yang melilit kader maupun politisi partainya dan partai pendukungnya.

Menurut Emerson, pihaknya juga telah melakukan pemetaan terhadap parpol pendukung capres-cawapres yang saat ini kader atau. elite-nya terlilit kasus dugaan korupsi. Dan, parpol pendukung capres-cawapres yang paling banyak terlilit kasus korupsi adalah capres-cawapres nomor urut 1 Prabowo Subianto-Hatta Rajasa.

“Kalau saat ini, saya melihat itu posisi parpol koalisi capres nomor 1 itu banyak tersandera dengan kasus-kasus korupsi yang ditangani KPK. Saya coba list beberapa kasus korupsi yang saat ini sedang ditangani,” tandas Emerson.

Sementara, di capres-cawapres nomor urut 2, Joko Widodo (Jokowi)-Jusuf Kalla (JK), lanjut Emerson, ada sejumlah orang, dan elite PDIP yang diduga terlibat kasus pemilihan Deputi Senior BI Miranda S Goeltom. Namun, untuk NasDem dan Hanura masih belum ditemukan adanya kasus dugaan korupsi yang melilit
elite-elite partainya.

Dari sisi visi, misi, dan program kerja, sambung Emerson, pasangan capres-cawapres yang serius mencatumkan program pemberantasan korupsinya adalah pasangan Jokowi-JK dengan 42 poin. Sementara, pasangan Prabowo-Hatta hanya memiliki 10 poin program soal penegakan hukum dan pemberantasan korupsi.

Sumber :Poskotanews ; http://poskotanews.com/2014/06/16/komitemen-capres-terhadap-korupsi-harus-dipantau/