KP2KKN JAWA TENGAH

DEMI ANAK CUCU BERANTAS KORUPSI SEKARANG JUGA

18 Kasus Korupsi di Jateng Macet


RADAR SEMARANG – Rabu, 18 Juni 2014

LEMPONGSARI – Setelah melakukan audiensi ke Kejaksaan Agung (Kejagung) belum lama ini, Komite Penyelidikan dan Pemberantasan Kolusi Korupsi dan Nepotisme (KP2KKN) Jawa Tengah bersama Indonesia Corruption Watch (ICW) mendapatkan kejelasan informasi mengenai perkembangan kasus korupsi di Jawa Tengah. Sedikitnya 18 perkara korupsi di Jateng diketahui macet.
Dari 18 perkara, enam di antaranya ditangani Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jateng. Sisanya ditangani Kejaksaan Negeri (Kejari) Cilacap, Temanggung, Kendal, Ambarawa, Wonosobo, dan Pemalang. Atas temuan itu, pihak KP2KKN mendesak kejaksaan di wilayah Jawa Tengah segera menuntaskan secepatnya kasus-kasus tersebut.
”Kejaksaan harus menindaklanjuti perkara yang sudah disampaikan ke Jaksa Agung Muda Pidana Khusus, Widyo Pramono. Harus tegas menuntaskan korupsi di wilayahnya,” kata Sekretaris KP2KKN Jateng, Eko Haryanto.
Dijelaskannya, enam kasus korupsi yang ditangani Kejati Jateng, di antaranya, proyek pembangunan Pasar Kliwon Temanggung tahun 2002-2003 senilai Rp 2,5 miliar; pinjaman dana kas daerah APBD Kabupaten Sragen tahun 2003-2010 yang merugikan keuangan negara Rp 11,2 miliar; proyek bantuan sarana dan prasarana (sarpras) pendidikan Kabupaten Kudus 2004-2005 senilai Rp 1,8 miliar; pengelolaan dana Perusda Kabupaten Rembang-PT Rembang Bangkit Sejahtera Jaya untuk pengadaan lahan tebu; proyek pengembangan area wisata Bukit Cinta di Desa Rowoboni, Kecamatan Muncul, Kabupaten Semarang sebesar Rp 9 miliar; dan dana Kemenpera untuk pembangunan perumahan bersubsidi Griya Lawu Asri (GLA) Rp 18,4 miliar.
”Contohnya korupsi pengadaan buku ajar paket Balai Pustaka untuk SD/ MI pada Dinas Pendidikan Kabupaten Pemalang sebesar Rp 11,3 miliar. Dalam hal ini, tersangka Agus Sukisno dan Yohanes Soenaryo sampai kini belum disidangkan di Pengadilan Tipikor Semarang,” terangnya.
Padahal satu berkas tersangka di antaranya sudah dinyatakan P21. Diduga, kasus tersebut melibatkan mantan Bupati Pemalang HM Machroes.
Menanggapi hal ini, Kepala Seksi Penerangan Hukum (Kasipenkum) Kejaksaan Tinggi Jateng, Eko Suwarni, mengatakan, pihaknya selama ini sudah bekerja dengan baik. Menurutnya, laporan hanya asumsi dari luar. Pihaknya dalam bekerja selama ini penuh kehati-hatian. ”Yang pasti kami sudah bekerja. Silakan ICW ke Kejagung. Kami dalam bekerja selalu hati-hati. Dari mencari barang bukti sampai penetapan tersangka,” tutur Eko Suwarni. (ris/jpnn/aro/ce1)

Sumber : http://radarsemarang.com/2014/06/18/18-kasus-korupsi-di-jateng-macet/

18 Juni 2014 - Posted by | KP2KKN DALAM BERITA, SEPUTAR JAWA TENGAH - PROV. JATENG

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: