KP2KKN JAWA TENGAH

DEMI ANAK CUCU BERANTAS KORUPSI SEKARANG JUGA

Kasus Dugaan Korupsi Sewa Lahan Mantan Kades Rowoboni Resmi Ditahan


UNGARAN, suaramerdeka.com – Kejaksaan Negeri (Kejari) Ambarawa, per-Jumat (13/6) siang resmi menahan mantan Kepala Desa (Kades) Rowoboni, Banyubiru, Kabupaten Semarang, Nizar Malik (47). Selama menjabat, dia diduga terlibat dalam kasus korupsi dana sewa lahan bengkok desa.

Kepala Kejari Ambarawa, Sila H Pulungan mengatakan, bersama tersangka, pihaknya juga mengamankan beberapa berkas barang bukti. Salah satunya, dokumen penting yang berisi surat bertanda tangan tersangka. “Tersangka kami tahan untuk keperluan penyidikan,” katanya melalui sambungan telepon, Jumat (13/6).

Guna menjaga kondusifitas serta keamanan, yang bersangkutan kemudian dititipkan di Lembaga Pemasyarakatan Kedungpane, Kota Semarang. Menurut Sila, pihaknya saat ini masih menyusun berkas tuntutan yang akan diajukan ke Pengadilan Tipikor Semarang. “Berkas tuntutan masih disusun sebelum diajukan ke Pengadilan Tipikor,” ujarnya.

Data dari Kejari Ambarawa menyebutkan, Nizar Malik diketahui menjadi Kades Rowoboni sejak 1998 hingga 2006. Selama menjabat, dirinya diduga menyelewengkan dana sewa tanah. Kasus ini bergulir setelah ada laporan dari masyarakat yang menyinyalir Nizar masih menyewakan tanah bengkok desa.

Padahal tanah bengkok itu seharusnya dikembalikan ke pemerintah Desa Rowoboni, menyusul seharusnya pengelolaan tanah bengkok menjadi kewenangan kades yang baru. Bengkok yang disewakan ke pihak lain meliputi satu petak tanah seluas 9.500 m2, empat petak tanah seluas 4.000 m2, dan 9 petak tanah seluas 5.000 m2.

“Dalam perkara ini, mantan Kades Rowoboni dijerat dengan Pasal 2, atau Pasal 3 Undang-undang Nomor 31 Tahun 1999, Jo Undang-undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi,” tandasnya.

( Ranin Agung / CN38 / SMNetwork )

Sumber : http://m.suaramerdeka.com/index.php/read/news/2014/06/13/205719

16 Juni 2014 - Posted by | UNGARAN - KAB. SEMARANG

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: