KP2KKN JAWA TENGAH

DEMI ANAK CUCU BERANTAS KORUPSI SEKARANG JUGA

Jaksa Tolak PK yang Diajukan Untung Wiyono


SUARA MERDEKA.com – Rabu, 28 Mei 2014

SEMARANG, suaramerdeka.com – Jaksa dari Kejaksaan Negeri (Kejari) Sragen menolak Peninjauan Kembali (PK) yang diajukan mantan Bupati Sragen Untung Wiyono selaku pemohon PK dalam sidang di Pengadilan Tipikor Semarang, Rabu (28/5). Tim jaksa yang diketuai Ari Praptono dalam sidang menegaskan, novum yang diajukan pemohon bukan termasuk keadaan baru.

“Novum yang menyatakan tidak ada surat kuasa atau bukti tertulis dari bupati saat melakukan pinjaman bukan berarti tanpa alat bukti. Justru keterangan saksi ini merupakan alat bukti yang sah,” tandasnya didampingi dua anggota tim jaksa, Febri Hartanto dan Dwi Yoshita.

Bukti tertulis tidak bisa berdiri sendiri. Dari beberapa keterangan saksi yang dihadirkan jelas ada hubungan satu sama lain bahwa pemohon memerintahkan. “Kami berkeyakinan novum itu bukan keadaan baru karena telah diketahui para saksi,” jelasnya.

Sidang tersebut diketuai mejelis hakim Dwiarso Budi Santiarto. Sebagaimana diketahui, Untung terseret perkara dugaan korupsi ABPD Kabupaten Sragen 2003-2010 yang merugikan negara Rp 11,2 miliar. Pada 21 Maret 2012 lalu, Untung dinyatakan tak bersalah dan divonis bebas oleh majelis hakim Pengadilan Tipikor Semarang yang diketuai Lilik Nuraeni.

Namun, pada 18 September 2012, Mahkamah Agung yang dipimpin Hakim Agung Artidjo Alkostar dengan hakim anggota Leopold Hutagalung dan Surachmin melalui putusan kasasi menjatuhkan vonis penjara tujuh tahun dan denda Rp 200 juta subsider 6 bulan kurungan. Selain itu, MA juga memerintahkan Untung menyerahkan uang pengganti sebesar Rp 11,2 miliar ke negara.

( Royce Wijaya / CN38 / SMNetwork )

Sumber : http://m.suaramerdeka.com/index.php/read/news/2014/05/28/203765

30 Mei 2014 - Posted by | SRAGEN

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: