KP2KKN JAWA TENGAH

DEMI ANAK CUCU BERANTAS KORUPSI SEKARANG JUGA

Kadisperindag Brebes Dituntut 1,5 Tahun Penjara


SUARA MERDEKA.com – Selasa, 13 Mei 2014

  • Korupsi Dana Bantuan Alat Industri Kecil

SEMARANG, suaramerdeka.com – Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Brebes Herman Adi W yang menjadi terdakwa kasus dugaan korupsi dana bantuan alat industri di kabupaten setempat tahun 2011 senilai Rp 402 juta dituntut satu tahun enam bulan dalam sidang di Pengadilan Tipikor Semarang, Selasa (13/5).

Mantan Kabag Hukum Setda Pemkab Brebes itu juga dituntut membayar denda sebesar Rp 50 juta subsider tiga bulan. Jaksa dari Kejari Kabupaten Brebes Luvia C Huwae membacakan tuntutan itu dihadapan majelis hakim yang diketuai Suyadi.

“Berdasarkan fakta hukum, jaksa berkesimpulan terdakwa terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan tindak pidana korupsi. Perbuatan terdakwa dilakukan diruang lingkup kantor Disperindag Kabupaten Brebes, ini bentuk penyalahgunaan kewenangan dan kekuasaan,” kata jaksa Luvia dalam persidangan.

Hal yang dijadikan pertimbangan, perbuatan terdakwa merugikan negara Rp 185.768.390, meresahkan masyarakat, serta tidak mendukung tindak pidana korupsi. Adapun, hal meringankannya, terdakwa telah mengembalikan uang sebesar Rp 40 juta.

Sebagaimana dakwaan jaksa, terdakwa sekaligus selaku kuasa pengguna anggaran dalam pengadaan alat industri kecil yang terbagi atas 13 paket senilai Rp 402 juta.

Dari jumlah tersebut, 12 paket senilai Rp 390.822.000 itu pengerjaan pengadaan alat industrinya tidak berpedoman sesuai ketentuan.

Pekerjaan pengadaan dilakukan secara penunjukan langsung. Terdakwa memerintahkan bawahannya Laswardi (terdakwa lain) untuk mengerjakan pengadaan tersebut dan hanya meminjam bendera rekanan.

Dalam pengadaannya, rekanan juga tidak mengajukan dokumen. Majelis hakim selanjutnya memberikan kesempatan kepada terdakwa untuk mengajukan pembelaan dalam sidang berikutnya pada Selasa (20/5).

( Royce Wijaya / CN33 / SMNetwork )

Sumber : http://m.suaramerdeka.com/index.php/read/news/2014/05/13/201945

19 Mei 2014 - Posted by | BREBES

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: