KP2KKN JAWA TENGAH

DEMI ANAK CUCU BERANTAS KORUPSI SEKARANG JUGA

Korupsi Kredit Fiktif: Mantan Pimpinan Cabang BJB Semarang Dibui


SUARA MERDEKA.com – Kamis, 01 Mei 2014

SEMARANG, suaramerdeka.com – Mantan Pimpinan Bank Jabar Banten cabang Semarang Hadi Mulyawan ditahan penyidik Kejaksaan Tinggi Jawa Tengah. Penahanan dilakukan setelah pemeriksaannya sebagai tersangka, Selasa (29/4) lalu. Hadi diduga terlibat korupsi dengan modus kredit beragunan dokumen fiktif.

“Ditahan Selasa sore, setelah diperiksa paginya,” kata Kepala Seksi Penerangan Hukum Kejaksaan Tinggi Jawa Tengah, Eko Suwarni, Kamis (1/5).

Penyidik telah memanggil Hadi pada pertengahan bulan April 2014 lalu. Namun Hadi tak memenuhi panggilan.

Sebelumnya, pada 14 April 2014, penyidik telah menahan Direktur PT Indonesia Antique, Wahyu Hanggono. Wahyu dan Hadi sama-sama ditetapkan sebagai tersangka sejak 10 Maret 2014.

Kredit fiktif itu terjadi saat Hadi menjabat sebagai pimpinan BJB Cabang Semarang. Wahyu diduga meminjam nama-nama perusahaan lain dan diajukan sebagai debitur BJB. Sekurangnya 33 perusahaan mendapat kredit dari BJB. Totalnya mencapai Rp 24 miliar.

Prosedur pengajuan kreditnya diduga menyimpang. Nilai jaminan yang disodorkan, tak sebanding dengan kenyataannya. Nama-nama debitur diduga hanya karyawan perusahaan-perusahaan tersebut.Dugaan korupsi ini bermula dari laporan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Regional IV Semarang.

Berdasar informasi dari OJK, ada perusahaan besar yang memiliki perusahaan kecil sebagai plasma. Perusahaan-perusahaan plasma itulah yang mengajukan kredit memakai nama karyawannya.

Penyidik belum mengetahui nilai kerugian yang diderita oleh bank milik pemerintah Jawa Barat itu. Namun penyidik menduga penggunaan kredit itu tak sesuai pengajuan.

Debitur mengajukan kredit untuk pengembangan usaha. Namun kenyataannya, untuk membayar utang yang telah ada sebelum permohonan kredit diajukan.

( Eka Handriana / CN38 / SMNetwork )

Sumber : http://m.suaramerdeka.com/index.php/read/news/2014/05/01/200507

2 Mei 2014 - Posted by | SEMARANG

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: