KP2KKN JAWA TENGAH

DEMI ANAK CUCU BERANTAS KORUPSI SEKARANG JUGA

Ditemukan, Penggiringan Suara di TPS


SUARA MERDEKA – Rabu, 16 April 2014

  • Sejumlah Caleg Tuntut Pileg Diulang

WONOSOBO – Sejumlah caleg menuntut adanya pemilu ulang di daerah yang diduga melakukan kecurangan.

Mereka berkumpul di Kantor Kecamatan Wadaslintang Selasa (15/4) menunggu rapat pleno dan membuat tulisan berisi sejumlah nama caleg yang diduga meng­gelembungkan suara. Selain itu, di bilik suara juga ditemukan ada petugas yang menunggu untuk melakukan penggiringan.

Koordinator aksi para caleg Dapil 2 Kalibawang, Kaliwiro, Wadaslintang, Slamet Tiyono Dumbo mengatakan, dia mendesak agar pelaksanaan pileg di dapil yang terdapat kecurangan agar diulang. Menurutnya, pemilu harus berjalan secara demokratis, jujur dan adil. ”Kecurangan sudah kami laporkan ke Panwas namun belum ada kejelasan. Pemilu harus jujur dan adil,” katanya.

Slamet menambahkan, selain adanya politik uang dari temuannya juga ada kecurangan penggiringan dan manipulasi suara. Dia mencontohkan, di Kecamatan Kalibawang yaitu di Desa Dempel dari 1.626 suara, caleg DPRD Par­tai Golkar Khamim mendapat 1.438. Di Desa Pengarengan dari 447 suara, caleg Khamim kembali mendapat 400 suara dan caleg dari partai lain dapat satu suara secara merata.

Menurutnya, di Desa Dempel juga disinyalir ada caleg dari PDIP Edi Sutoto yang menang mutlak mendapat 725 dari 736 suara. ”Ka­mi mempunyai bukti-bukti di lapangan dan saya minta penegak hukum untuk memperhatikan laporan pelanggaran ini agar pemilu benar-benar demo­kratis,” ujarnya.

Satu Kecamatan

Dia mengatakan, akan terus mengawal proses penindakan kecurangan sampai ditemukan keadilan untuk masyarakat. Me­nurutnya, proses pemilihan yang kotor akan menghasilkan pemim­pin yang kotor pula, karena yang dipakai merupakan cara-cara yang licik. ”Baru kali ini di Indonesia terdapat caleg yang dalam satu kecamatan satu orang sebagai pemenang,” katanya. Slamet adalah ca­leg dan ketua PAC Partai Gerindra Wadaslintang yang tidak lolos.

Ketua Panwascam Kalibawang Zuhdi membenarkan ada temuan penyuluh lapangan Panwas di Desa Dempel terdapat upaya pengiringan suara ke salah satu caleg Partai Golkar Khamim. Bahkan, imbuhnya, di belakang bilik suara ditunggui oleh satu orang yang bertugas untuk mendikte warga untuk memilih Khamim. (H67-42,88)

Sumber : http://m.suaramerdeka.com/index.php/read/cetak/2014/04/16/258961

2 Mei 2014 - Posted by | WONOSOBO

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: