KP2KKN JAWA TENGAH

DEMI ANAK CUCU BERANTAS KORUPSI SEKARANG JUGA

Berkas di Kotak Suara Hilang di Balai Desa


SUARA MERDEKA – Senin, 14 April 2014

KUDUS – Pelaksanaan pemungutan suara pemilu legislatif (pileg) 9 April lalu masih menyisakan sejumlah masalah. Salah satu Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di Desa Tergo, Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus mengeluhkan hilangnya sejumlah berkas saat kotak suara disimpan di balai desa.

Berkas yang hilang antara lain berita acara dan formulir model C untuk pemilihan DPRD kabupaten dan provinsi milik TPS 1 Desa Tergo. Anggota KPPS di TPS 1 Desa Tergo Suciyati mengatakan, semua berkas sudah rampung dikerjakan setelah penghitungan suara dirampungkan.

Berkas kemudian dimasukan ke kotak suara dan dikirim ke balai desa. Saat hendak dikirim, salah seorang PPS meminta kotak jangan digembok. Ketika ada pengecekan di balai desa, Jumat (11/4) pagi, berkas tersebut sudah tidak ditemukan lagi didalam kotak.

‘’Kami kaget karena berkas tersebut sudah hilang. Kami diminta melengkapinya, namun berkas cadangan juga sudah hilang. Akhirnya berkas diambilkan dari TPS delapan yang kemudian di fotocopy dan kami tulis ulang semuanya,’’ katanya, Minggu (13/4).

Suciyati menambahkan, pihaknya tak masalah jika harus mengerjakan ulang. Namun yang ia pertanyakan, bagaimana berkas negara sepenting itu bisa hilang di balai desa dengan penjagaan aparat. Pihaknya menduga ada faktor kesengajaan dari pihak tertentu.

Menolak

Salah satu KPPS di TPS 1 marah atas hilangnya berkas penting tersebut dan menolak mengerjakan ulang. Terlebih formulir DPT yang sudah ditandai saat pemilih tidak hadir pun hilang. ‘’Kami diberi berkas yang diambilkan dari TPS yang kemudian di-fotocopy, serta salinan DPT tapi masih bersih. Kami harus mengerjakan ulang dan baru rampung Jumat sore,’’ katanya.

Ketua Panitia Pemungutan Suara (PPS) Desa Tergo Salmun membenarkan adanya kejadian hilangnya berkas tersebut. Namun ia tak mengetahui secara rinci bagaimana berkas tersebut bisa hilang. Informasi yang diterimanya, kotak tidak digembok karena berkas di dalamnya belum lengkap. ‘’Hilangnya berkas itu sudah diurus anggota PPS lainnya,’’ ujarnya.

Anggota Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kudus Edi Yono menyesalkan hilangnya berkas tersebut. Sekecil apa pun, berkas yang berkaitan dengan tahapan pemilu sangat penting dan rawan diselewengkan. ‘’Kami melalui petugas di lapangan sudah melakukan verifikasi atas kejadian ini. Kami masih menunggu laporannya,’’ ujarnya. (H62-44,48)

Sumber : http://m.suaramerdeka.com/index.php/read/cetak/2014/04/14/258577

2 Mei 2014 - Posted by | KUDUS

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: