KP2KKN JAWA TENGAH

DEMI ANAK CUCU BERANTAS KORUPSI SEKARANG JUGA

Anggota KPPS di Wonosobo Coblos 40 Surat Suara


SUARA MERDEKA.com – Selasa, 15 April 2014

SEMARANG, suaramerdeka.com – Seorang anggota KPPS di TPS 8 Desa Kalikarung, Kecamatan Kepil, Wonosobo, diduga melakukan pelanggaran pidana pemilu berat. Dia secara sengaja membuka kotak suara sebelum pemungutan dimulai, kemudian mencoblos 40 surat suara.

Kasus ini ditangani Panwaslu Wonosobo berdasarkan aduan seorang saksi dari PDI Perjuangan. Oknum KPPS berinisial M tersebut telah diperiksa Panwaslu pada Senin (14/4) bersama Ketua KPPS setempat.

Dalam pemeriksaan, oknum tersebut menyatakan perbuatannya diketahui Ketua KPPS dan anggota yang lain antara lain A dan N. Ia melakukannya atas pesanan untuk memenangkan beberapa caleg Partai Golkar baik DPRD kabupaten, provinsi, maupun DPR RI.

“Pelakunya cuma satu, tetapi diketahui dibiarkan oleh ketua KPPS dan anggota lain. Katanya tindakannya dibolehkan asal dirancang yang rapi,” kata Divisi Pengawasan Bawaslu Jateng Teguh Purnomo, Selasa (15/4).

Hal itu membuat Panwaslu memeriksa lima anggota KPPS lain pada Selasa (15/4). Jika terbukti, anggota KPPS tersebut dan oknum lain yang terlibat terancam dijatuhi pidana penjara. Pelaku akan dijerat dengan pasal berlapis dari Undang-Undang 8 Tahun 2012 tentang Pemilu DPR dan DPRD.

Jerat pertama ialah Pasal 310 tentang pelanggaran mencoblos berulang-ulang atas nama orang lain dengan ancaman pidana 1,5 tahun dan denda Rp 18 juta. Kedua, Pasal 309 tentang perbuatan yang menyebabkan suara pemilih menjadi tidak dinilai dengan ancaman pidana 4 tahun dan denda Rp 48 juta.

Ketiga, Pasal 321 yang menerangkan jika pelanggaran pidana dilakukan penyelenggara pemilu maka hukuman diperberat sepertiga dari ketentuan. “Masih ada jeratan pasal pelanggaran membuka kotak suara sebelum waktunya,” kata Teguh.

Karena ada 40 surat suara ilegal yang bercampur ke kotak suara hasil pemungutan legal, Bawaslu Jateng sedang mengkaji untuk menyikapinya. Menurut Teguh ada dua opsi yakni dilaksanakan pemungutan suara ulang (PSU) atau seluruh suara caleg Partai Golkar di TPS tersebut dinyatakan tidak sah. “Kita punya waktu 10 hari untuk menentukan, dari laporan tanggal 9 berarti waktu tinggal empat hari,” katanya.

( Anton Sudibyo / CN38 / SMNetwork )

Sumber : http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/news/2014/04/15/198547/Anggota-KPPS-di-Wonosobo-Coblos-40-Surat-Suara

15 April 2014 - Posted by | WONOSOBO

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: