KP2KKN JAWA TENGAH

DEMI ANAK CUCU BERANTAS KORUPSI SEKARANG JUGA

Tukar Guling Tanah Bengkok, Jaksa Tetapkan Satu Tersangka


KORUPTOR INDONESIA – Jum’at, 17 Maret 2014

Pekalongan-KIC: Kejaksaan Negeri (Kejari) Pekalongan akhirnya meningkatkan  penyelidikan kasus dugaan korupsi tukar gulang tanah bengkok SMP 2 Tirto, di Desa Sidorejo, Kecamatan Tirto, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah,  ke tingkat penyidikan. Saat ini, jaksa sudah mengantongi satu tersangka.ilustrasi-korupsi

Hal itu dibenarkan Kajari Pekalongan I Gede Gunawan Wibisana SH, kemarin. Kata dia, dari hasil penyelidikan, ditemukan bukti awal yang cukup sehingga penyidik meningkatkan kasus dugaan korupsi tersebut ke penyidikan.

Diterangkan Kajari, sebelumnya pihaknya sudah melakukan penyelidikan terkait tukar gulang tanah bengkok SMP 2 Tirto, di Desa Sidorejo, Kecamatan Tirto, Kabupaten Pekalongan. Tim penyidik dipimpin Kepala Seksi Pidana Khusus (Kasi Pidsus) Kejari Pekalongan Cumondo Trisno SH.

Diungkapkan, dari hasil pemeriksaan saksi dan bukti, penyidik menduga dalam tukar guling tersebut telah terjadi penyalahgunaan anggaran, sehingga menyebabkan kerugian Negara. “Dari hasil penyelidikan, diduga ada kesalahan mekanisme dalam tukar guling tanah SMP 2 Tirto,” ungkapnya.

Dijelaskan, pada tahun 2010, Pemkab Pekalongan telah mengalokasikan anggaran Rp 938.855.000 untuk membeli tanah sebagai pengganti tanah bengkok Desa Sidorejo  seluas 9.883 meter persegi  yang dibangun untuk SMP 2 Tirto. Namun dalam proses pembelian tanah pengganti, diduga tidak sesuai mekanisme sebagaimana mestinya. Taksiran harga tanah tidak dihitung oleh tim appraisal. Kemudian, meski sudah dibeli, tanah pengganti bengkok belum dilakukan peralihan hak atas kepemilikannya.

Lucunya lagi, meski tanah pengganti telah dibeli, tapi kepemilikannya masih atas nama pribadi pemilik tanah semula. Padahal,  mestinya tanah tersebut harus dialihkan menjadi bengkok desa.

Atas kejadian itu, Kajari mengaku sudah mengantongi 1 tersangka. “Tidak menutup kemungkinan, jumlah tersangka bisa bertambah. Tergantung proses dan perkembangan penyidikan nanti,” tandasnya.

Meski demikian, Kajari menegaskan pihaknya tetap mengedepankan asas praduga tak bersalah dalam penanganan kasus tersebut. Untuk memastikan dugaan kerugian negara, Kejari masih menunggu hasil audit BPKP.

Diserahkan ke Desa

Sementara itu, Sekda Pemkab Pekalongan, H Susiyanto, membenarkan dirinya sudah diperiksa sebanyak dua kali oleh Kejari Pekalongan. “Ya, saya memang dipanggil untuk diperiksa sebagai saksi. Karena dalam tukar gulang tanah bengkok SMP 2 Tirto, saya sebagai Ketua P2T (Panitia Pembebasan Tanah),” terangnya.

Dijelaskan Sekda, dirinya sudah memberikan keterangan terkait tukar guling tersebut. “Pada prinsipnya, kami dari Pemkab sudah melaksanakan sesuai dengan aturan. Dana Rp 900 juta sudah kita transfer ke pemerintahan desa, untuk membeli tanah, mengganti lahan bengkok yang dibangun untuk SMP 2 Tirto,” terangnya.

Diterangkan Sekda, dalam aturan memang diperbolehkan tukar guling bengkok dengan uang atau tanah. “Nah untuk SMP 2 Tirto, kita sudah memberikan kewajiban kepada Pemerintah Desa sebesar Rp 900 juta selama dua tahap, tahun 2009 dan 2010. Soal pelaksanaannya, ya kita tidak tahu, karena desa memiliki pemerintahan sendiri,” terangnya seraya menjelaskan, selain dirinya, P2T lain juga sudah diperiksa.

Sebelumnya diberitakan, ada kabar mengejutkan dari Kota Pekalongan. Saat ini, Kejari Kota Pekalongan ternyata tengah menyelidiki kasus dugaan korupsi pengadaan SMP 2 Tirto senilai Rp 900 juta. Atas kasus tersebut, jaksa pun sudah memeriksa beberapa saksi dan petinggi Pemkab Pekalongan.

Informasi yang diperoleh, pembebasan lahan SMP 2 Tirto yang terletak di Desa Sidorejo, Kecamatan Tirto, Kabupaten Pekalongan, terjadi pada tahun 2010. Saat itu, Pemkab mensetujui untuk melakukan pembebasan lahan bengkok yang dijadikan area pendidikan.(radarpekalongan)

Sumber : http://koruptorindonesia.co.id/tukar-guling-tanah-bengkok-jaksa-tetapkan-satu-tersangka/

17 Maret 2014 - Posted by | KAJEN - KAB. PEKALONGAN

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: