KP2KKN JAWA TENGAH

DEMI ANAK CUCU BERANTAS KORUPSI SEKARANG JUGA

Terbukti Korupsi, Dua Mantan Kades Dihukum


SUARA MERDEKA.com – Kamis, 06 Maret 2014

WONOGIRI, suaramerdeka.com – Karena terbukti melakukan tindak pidana korupsi (tipikor), dua mantan Kepala Desa (Kades) di Kabupaten Wonogiri, dijatuhi hukuman penjara dan denda, serta diwajibkan membayar uang pengganti senilai uang yang diselewengkan.

Kedua mantan Kades ini, terbukti melakukan korupsi uang Pajak Bumi Bangunan (PBB) dan uang kas desa. Kajari Wonogiri, Muhaji, didampingi Kasi Pidana Khusus (Pidsus) Kejari Wonogiri, M Naimlullah, Kamis (6/3), menyatakan, kedua mantan Kades itu terdiri atas Hendra Budi Haryanto (40), Mantan Kades Sedayu, Kecamatan Pracimantoro, Kabupaten Wonogiri, dan Edy Broto Mulyono (55), Mantan Kades Jaten, Kecamatan Selogiri, Kabupaten Wonogiri.

Vonis untuk kedua mantan Kades ini, dijatuhkan oleh Majelis Hakim Pengadilan Tipikor di Semarang. Hendra, dijatuhi hukuman penjara 2 tahun 8 bulan potong masa selama penahanan. Kepadanya, juga dikenai denda Rp 50 juta subsider dua bulan kurungan dan membayar uang pangganti Rp 142,723 juta.

Keputusan hukuman ini, terhitung lebih ringan dibandingkan dengan tuntutan yang disampaikan oleh Tim Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejari Wonogiri, yang menuntut hukuman 4 tahun penjara. Atas vonis tersebut, baik terhukum maupun Tim Jaksa menyatakan dapat menerima. “Kami dan terhukum sama-sama menyatakan dapat menerima,” tegas Kajari Muhaji.

Vonis Hendra tersebut, menjadi kali kedua keputusan hukuman yang dijatuhkan untuk mantan Kades di Kabupaten Wonogiri. Seperti pernah diberitakan, Mantan Kades Jaten, Edy Broto, divonis 3,5 tahun karena terbukti melakukan korupsi dana keuangan kas desa. Karena vonis ini kurang dari dua pertiga tuntutan jaksa, maka tim JPU mengajukan kasasi. Untuk diketahui, sebelumnya JPU mengajukan tuntutan 5,5 tahun.

“Tapi MA (Makamah Agung) menolak kasasi dan menguatkan kembali vonis sebelumnya, yakni selama 3 tahun 6 bulan penjara potong selama masa penahanan,” tandas Kasi Pidsus, M Naimullah.

Terhukum Edy Broto dibebani membayar denda Rp 75 juta dan bayar kerugian negara Rp 131.126.035 subsider 3 bulan penjara. Kecuali dua kasus tipikor yang telah inkrah tersebut, kini ada dua kasus korupsi dari Kabupaten Wonogiri, yang sekarang tengah disidangkan di Pengadilan Tipikor Semarang. Yakni kasus korupsi pengadaan sarana peralatan teknik informasi komunikasi (TIK) untuk SMP, dan kasus korupsi pengadaan pipa leding di Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Giri Tirta Sari Wonogiri.

Korupsi TIK, diajukan terdakwa tunggal Bayu Handoyono AMd, Direktur CV Permata Tujuh yang tinggal di Wonokarto, Kecamatan/Kabupaten Wonogiri. Yakni yang melaksanakan pengadaan sarana TIK untuk SMP di Wonogiri tahun 2011. Nilai projeknya mencapai sekitar Rp 1,4 miliar.

Anggarannya bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) dari pemerintah pusat, untuk pengadaan komputer, laptop dan LCD, di 40 SMP di Kabupaten Wonogiri. Tapi barang yang disediakan tidak sesuai spek.

Untuk korupsi pengadaan pipa leding, yang menjadi terdakwa tunggal adalah mantan Direktur PDAM ‘Giri Tirta Sari’ Wonogiri, Sumadi. Sumadi didakwa menyelewengkan dana pembelanjaan pipa ledeng beserta kelengkapan komponen asesoriesnya bernilai Rp 339 juta. Itu dilakukan pada tahun anggaran 2010/2011, saat dia menjabat sebagai direktur. Dana pembelanjaan telah dikeluarkan oleh bendahara PDAM, tapi uangnya tidak dibayarkan ke rekanan, dalam hal ini adalah PT Superpump.

Kasis Pidsus M Naimullah, menyatakan, untuk korupsi pengadaan TIK, tengah dalam penyiapan tuntutan. Rencananya, tuntutan akan disampaikan Selasa (18/3) mendatang. Kemudian untuk kasus korupsi uang pipa leding, pekan depan mulai memasuki agenda pemeriksaan terdakwanya.

( Bambang Purnomo / CN31 / SMNetwork )

Sumber : http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/news/2014/03/06/193560/Terbukti-Korupsi-Dua-Mantan-Kades-Dihukum

6 Maret 2014 - Posted by | WONOGIRI

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: