KP2KKN JAWA TENGAH

DEMI ANAK CUCU BERANTAS KORUPSI SEKARANG JUGA

Proyek Molor Dewan Peringatkan Pemkot


SUARA MERDEKA – Kamis, 27 Februari 2014

SEMARANG- Pelaksanaan program kegiatan dan pembangunan di tahun 2014, diharapkan bisa tepat waktu dan tak ada penundaan. Ketua DPRD Kota Semarang, Wiwin Subiyono, Rabu (26/2) mengatakan, pemkot harus berkaca pada kegiatan di tahun 2013. Sebab, banyak program kegiatan yang tak selesai.

Bahkan, ada beberapa proyek fisik yang kontraktornya harus diputus. ”Seperti tertundanya penyelesaian pembangunan Jembatan Muktiharjo Lor, hal itu sangat merugikan masyarakat. Kami berharap kasus seperti itu tak terulang di tahun 2014.

Dalam waktu dekat kami juga akan menjadwalkan rapat dengan eksekutif, kaitannya dengan evaluasi kegiatan tahun 2013 sekaligus perencanaan pelaksanaan kegiatan 2014.”

Pemkot perlu belajar dari pengalaman tahun lalu. Jangan sampai mendapat kontraktor yang tidak bertanggung jawab. ”Kalau proyek gagal yang dirugikan masyarakat dan bisa menurunkan citra kerja pemerintah di mata masyarakat,” ujarnya.

Kegagalan pembangunan Jembatan Muktiharjo Lor yang dilaksanakan 2013, membuat masyarakat sekitar kesulitan beraktivitas. Bila hendak melalui jalur Muktiharjo, pengguna jalan harus memutar arah dengan jarak tempuh yang lebih jauh. Bahkan, beberapa pejalan kaki nekat melewati jembatan rel kereta api (KA) yang berada persis di samping titik jembatan untuk bisa menyebrang anak sungai Kali Banger itu.

Proyek pembangunan Jembatan Muktiharjo Lor, membuat Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi gerah. Tahun 2014 ini pemkot kembali mengalokasikan anggaran untuk menyelesaikan pembangunan jembatan yang penyelesaiannya masih di bawah 50 persen itu. ”Jembatan yang pengerjaannya terbengkalai ini, memaksa masyarakat membuat akses alternatif sendiri.

Sangat memperihatinkan, karena jalurnya tidak sempurna. Sembari menunggu pembangunan, saya minta dinas terkait membangunkan jalur alternatif, sehingga bisa dilewati masyarakat,” kata pria yang akrab disapa Hendi beberapa waktu lalu. Untuk menyelesaikan pembangunan jembatan, pemkot telah mengalokasikan anggaran Rp 2,2 miliar.

Wali kota meminta pelaksana proyek benar-benar yang berkompeten, bertanggung jawab, mampu menyelesaikan pembangunan sesuai target yang telah ditentukan tanpa mengurangi spek atau kualitas. ”Selain Jembatan Muktiharjo Lor, kami juga alokasikan anggaran untuk pembangunan jembatan Deandles.

Tahun ini kami anggarkan Rp 1,7 miliar,” tandasnya. Wali kota juga telah memantau langsung kondisi terakhir Jembatan Muktiharjo Lor. Pantauan lapangan, konstruksi jembatan baru sebatas pemasangan besi landasan jembatan. Itu pun baru separuh dari panjang jembatan.

Sungai di bawah konstruksi jembatan juga terlihat sangat kotor karena dipenuhi sampah. Sejumlah petugas diturunkan untuk membersihkan sampah-sampah tersebut. Seperti diketahui, peningkatan jembatan Muktiharjo dikerjakan oleh PT Jaya Sentosa Indah dengan nilai kontrak Rp 2.235.067.000 (pagu anggaran Rp 2.610.319.000).

Masa kontrak pengerjaan 120 hari, atau tepatnya sampai tanggal 17 Desember 2014. Sekretaris Dinas PSDAESDM Kota Semarang Rosid Hudoyo mengatakan, untuk meneruskan pembangunan pihaknya memiliki anggaran sekitar Rp 8 miliar yang seharusnya untuk peningkatan Jembatan Deandles dan sejumlah proyek lain.

Akan tetapi karena sempat gagal lelang, akan dialokasikan untuk meneruskan pembangunan jembatan Muktiharjo Lor. ”Anggaran Rp 8 miliar ini dialokasikan dalam tiga proyek di tahun 2014 ini. Harapannya pembangunan Jembatan Muktiharjo Lor bisa terselesaikan sesuai jadwal. Saat ini sudah memasuki persiapan lelang,” tandasnya. (H71,H35-39)

Sumber : http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2014/02/28/253987/Proyek-Molor-Dewan-Peringatkan-Pemkot

28 Februari 2014 - Posted by | SEMARANG

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: