KP2KKN JAWA TENGAH

DEMI ANAK CUCU BERANTAS KORUPSI SEKARANG JUGA

CBS Bank Jateng Terindikasi Korupsi


SUARA MERDEKA.com – Jum’at, 28 Februari 2014

SEMARANG, suaramerdeka.com – Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jawa Tengah belum bisa memastikan waktu peningkatan status penanganan dugaan korupsi pengadaam aplikasi Core Banking System (CBS) Bank Jateng.

Asisten Pidana Khusus Kejati Jawa Tengah, Masyhudi mengatakan pihaknya masih harus berkoordinasi dengan Bareskrim Mabes Polri (Badan Reserse Kriminal Markas Besar Kepolisian Republik Indonesia).

“Kami juga baru tahu saat melakukan penyelidikan, bahwa Bareskrim juga melakukan penyelidikan kasus ini. Nah, berdasar surat keputusan bersama antara kejaksaan, kepolisian dan KPK, jika terjadi seperti itu maka harus koordinasi. Siapa yang akan menindaklanjuti penanganan kasusnya nanti. Agar tidak terjadi tumpang tindih,” papar Masyhudi.

Pengadaan CBS yang dipakai Bank Jateng saat ini dilakukan tahun 2006. Sistem tersebut aplikasi inti, jantung sistem perbankan, untuk memproses loan, saving, customer information file dan layanan perbankan lainnya. Sistem yang dipakai Bank Jateng adalah bancology, Sigma-AlphaBITS Core System, untuk konvensional dan syariah.

Kejati telah selesai melakukan penyelidikan terhadap proyek pengadaan CBS tersebut. “Kami sudah meminta keterangan dari berbagai pihak,” lanjut Masyhudi.  Pihak yang diminta keterangan di antaranya adalah pihak Bank Jateng dan rekanan penyedia sistem.

Pengadaan sistem itu sendiri menghabiskan dana Rp 35 miliar. Diduga, proyek tersebut dipaksakan. Sebab sebenarnya sistem yang lama masih bisa digunakan.

Sigma-AlphaBITS Core System yang dipakai Bank Jateng diduga tidak memenuhi kriteria yang disepakati. Akibatnya, Bank Jateng mengalami kerugian yang sekurangnya mencapai Rp 5 miliar.

( Eka Handriana / CN19 / SMNetwork )

Sumber : http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/news/2014/02/28/192832/CBS-Bank-Jateng-Terindikasi-Korupsi

28 Februari 2014 - Posted by | SEMARANG, SEPUTAR JAWA TENGAH - PROV. JATENG

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: