KP2KKN JAWA TENGAH

DEMI ANAK CUCU BERANTAS KORUPSI SEKARANG JUGA

Penggunaan Dana Bansos Rp 1,3 Triliun Tak Jelas


SUARA MERDEKA.com – Senin, 24 Februari 2014

BANDUNG, suaramerdeka.com – Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) menyebut bahwa penggunaan Dana Bansos Rp 1,3 triliun sepanjang 2012 tidak jelas. Celakanya, penggunaan itu terkait erat dengan ritme politik sebuah daerah yakni bertepatan dengan hajatan Pilkada.

Demikian Anggota BPK, Ali Masykur Musa di sela-sela memberikan materi pada Kuliah Umum di Kampus Universitas Parahyangan Bandung, Senin (24/2). “Pada 2012, Dana Bansos mencapai Rp 1,3 triliun. Itu dicairkan tapi tidak disalurkan. Kalau tidak ketahuan BPK, berarti bisa masuk ke kantongnya masing-masing,” katanya.

Temuan berdasarkan hasil pemeriksaan BPK, imbuhnya, menegaskan bahwa Bansos memang banyak disalahgunakan. Semakin terbukti, ujar Ali Masykur, karena sebanyak 315 kepala daerah sudah berurusan dengan aparat penegak hukum. Diantaranya karena tersangkut penggunaan kasus Bansos.

Menurut Capres Konvensi Partai Demokrat itu, berdasarkan temuan BPK pada tahun tersebut, anggaran Bansos secara nasional mencapai Rp 75,7 triliun. Jumlah sebanyak Rp 1,3 triliun, katanya, merupakan bagian dari jumlah dana Rp 9,3 triliun yang dibelanjakan tidak tepat sasaran.

Penjejakan BPK atas penggunaan Dana Bansos itu juga menunjukan bahwa kondisi tersebut cenderung berhubungan dengan ritme politik sebuah daerah. “Di mana ada kegiatan Pilkada, postur anggaran Bansos cenderung tinggi,” katanya.

Terkait dengan temuan tersebut, BPK meminta penggunaan dana tersebut dilakukan secara hati-hati terlebih dengan masuknya tahun politik yakni pelaksanaan Pileg dan Pilpres 2014.

BPK merekomendasikan agar kuantitas dan kualitas anggaran Bansos dikembalikan ke fungsinya di antaranya guna mempertahankan ketahanan ekonomi masyarakat yang rentan. “Bukan macam sekarang seperti sinterklas yang dibagi-bagi, tahunya masyarakat itu uang calon, atau bupati atau gubernur, padahal sesungguhnya uang rakyat,” katanya.

( Setiady Dwi / CN38 / SMNetwork )

Sumber : http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/news/2014/02/24/192299/Penggunaan-Dana-Bansos-Rp-13-Triliun-Tak-Jelas

24 Februari 2014 - Posted by | BERITA KORUPSI NASIONAL

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: