KP2KKN JAWA TENGAH

DEMI ANAK CUCU BERANTAS KORUPSI SEKARANG JUGA

Kejari Dalami Dugaan Pungutan Sertifikat Prona


SUARA MERDEKA.com – Senin, 24 Februari 2014

GROBOGAN, suaramerdeka.com – Kejaksaan Negeri (Kejari) Purwodadi tengah mendalami dugaan pungutan pada program sertifikat Program Nasional Agraria (Prona) Kabupaten Grobogan tahun 2014. Jaksa telah mendatangi sejumlah kelurahan untuk meminta data alokasi dan nominal uang yang disetor oleh masyarakat.

Hasilnya, diketahui setoran uang dari pemohon sertifikat pada perangkat desa tiap-tiap wilayah berbeda-beda nominalnya. Ada yang Rp 500 ribu, Rp 700 ribu dan bahkan ada yang mencapai Rp 1 juta. Padahal, semestinya biaya tersebut hanya digunakan untuk pengadaan patok tanah dan materai.

Lantaran prona merupakan program nasional dengan biaya APBN dan pemohon tidak dipungut biaya asalkan semua persyaratan administrasi sudah terpenuhi. Melihat besarnya nominal uang yang disetor oleh pemohon, diduga bukanlah sukarela. Melainkan ada tarif yang telah ditetapkan oleh petugas.

“Tanda terima dari perangkat desa ke pemohon ada. Tapi kejelasan uang itu untuk apa saja, tidak ada. Hal ini lah yang sedang didalami,” kata Kajari Purwodadi Sinarta Sembiring, Senin (24/2).

Setelah barang bukti dirasa kuat, maka pendalaman selanjutnya akan difokuskan untuk mengetahui aliran uang setoran tersebut. Apakah ada pejabat dinas terkait atau ada pihak luar yang ikut menikmati uang rakyat tersebut.

Persoalan setoran uang prona ini sendiri sudah sejak lama menjadi kasak-kusuk di tingkat masyarakat. Bahkan pada Januari lalu, Komisi A DPRD Grobogan harus memanggil dan mempertemukan BPN dan warga desa di Kecamatan Gubug lantaran ada aduan pungutan.

Pada tahun ini Kantor Pertanahan Grobogan dijatah membuat 20 ribu sertifikat Prona. Di Grobogan masih ada  321.437 bidang tanah yang belum bersertifikat. Diharapkan pengurusannya rampung antara 15 hingga 20 tahun ke depan.

( Hanung Soekendro / CN38 / SMNetwork )

Sumber : http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/news_smg/2014/02/24/192309/Kejari-Dalami-Dugaan-Pungutan-Sertifikat-Prona

24 Februari 2014 - Posted by | GROBOGAN

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: