KP2KKN JAWA TENGAH

DEMI ANAK CUCU BERANTAS KORUPSI SEKARANG JUGA

Dilaporkan ke Tipikor, Dugaan Penyelewengan Banpol Hanura


SUARA MERDEKA.com – Senin, 24 Februari 2014

UNGARAN, suaramerdeka.com – Sejumlah kader Partai Hanura Kabupaten Semarang mendatangi Unit Khusus Tindak Pidana Korupsi Polres Semarang untuk melaporkan adanya dugaan penyelewenangan dana bantuan partai politik (Banpol).

Pengurus PAC Partai Hanura Kecamatan Bandungan Is Suparmin menjelaskan, penyelewengan Banpol terjadi sejak 2010 hingga 2012. Besaran Banpol yang bersumber dari APBD Kabupaten Semarang per tahunnya Rp 52 juta. “Total yang sudah diterima Rp 177 juta. Dalam penggunaannya tidak sesuai, ini kami temukan dalam laporan pertanggungjawaban yang diserahkan di Kesbangpolinmas. Ada penggunaan dana yang dilaporkan tidak sesuai penggunaannya,” ujar Is Suparmin saat ditemui di Mapolres Semarang, Senin (24/2) siang.

Suparmin menyontohkan, dalam LPJ yang diserahkan ke Kesbangpolinmas disebutkan ada kegiatan pembekalan kader dan pendidikan politik. Tetapi, menurut dia, tidak ada kegiatan seperti yang dilaporkan oleh DPC kepada kader.

Bahkan dalam laporan lengkap yang disampaikan oleh Kesbangpol terdapat tandatangan pengurus PAC yang dipalsukan. “Kami juga telah melaporkan masalah ini ke DPP dan DPD Partai Hanura, tapi hingga saat ini belum ada tanggapan secara lisan dan tertulis,” jelasnya.

Suparmin bersama penggurus lain yang mengaku peduli dengan Partai Hanura menginginkan adanya tranparansi dalam pelaporan keuangan partai, terlebih dana bantuan partai politik ini bersumber dari APBD Kabupaten. “Dana ini sumbernya dari uang rakyat. Maka dari itu jika ada penyelewengan dana rakyat merupakan bagian dari korupsi. Maka dari itu kami melaporkan ke Polres Semarang untuk dapat ditindak lanjuti,” tandasnya.

Dalam laporan itu juga diserahkan beberapa dokumen-dokumen berupa lembaran yang memuat tandatangan palsu serta dokumen penunjang perihal pengucuran dana dan laporan bantuan parpol 2010-2012.

Laporan mereka pun diterima oleh Kepala Unit Khusus Tindak Pidana Korupsi Polres Semarang Iptu Sigit. “Dokumen sudah saya terima, tetapi masih ada kekurangan perlu dilampirkan adanya hasil audit akuntan publik,” kata Iptu Sigit.

( Muhammad Syukron / CN38 / SMNetwork )

Sumber : http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/news_smg/2014/02/24/192298/Dilaporkan-ke-Tipikor-Dugaan-Penyelewengan-Banpol-Hanura

24 Februari 2014 - Posted by | UNGARAN - KAB. SEMARANG

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: