KP2KKN JAWA TENGAH

DEMI ANAK CUCU BERANTAS KORUPSI SEKARANG JUGA

Calon Wakapolri Titipan Siapa?


KOMPASIANA – Kamis, 20 Februari 2014

Oleh : Karima Zen

Wakapolri Komjen Oegroseno memasuki masa purna tugas. Nama beberapa perwira Polri ramai dikutip media sebagai calon potensial pengganti Pak Oegro. Pendapat, opini, dan spekulasi pun bermunculan. Calon wakapolri dari bintang dua atau bintang tiga pun diperdebatkan. Mengapa banyak Pihak menaruh perhatian pada suksesor wakapolri? Salah satunya karena perhelatan Pemilu 2014, yang dindikasikan akan menghadapi berbagai tantangan berat. Nah, siapa yang akan menjadi wakapolri menjadi lebih menarik didiskusikan. Apakah wakapolri baru lebih mampu mendorong netralitas dan mampu mendampingi Kapolri mengantisipasi berbagai potensi tantangan, khususnya terkaitPemilu 2014?

Diskusi ini lebih menarik, kalau kita berpikir sedikit “konspiratif”. Apakah tidak ada kepentingan tertentu dari pihak-pihak yang mewacanakan nama-nama calon wakapolri baru? Tidak aneh jika opini siapa yang paling pas menjadi wakapolri baru menjadi acap kali agak berbau “ngotot”. Nah lo! Wakapolri baru nanti titipan siapa?

Komisi Kepolisian Nasional (kompolnas) menegaskan kriteria calon wakapolri baru. “Jelas yang miliki integritas yang baik, miliki prestasi, dan memiliki kemauan yang keras untuk meningkatkan pelayanan Polri kepada masyarakat,” (sindonews, 12/02/2014).

Sedangkan IPW menilik enam perwira Polri bintang dua dan tiga yang dianggap cukup potensial: Komjen Badrodin Haiti (Kabaharkam), Komjen Budi Gunawan (Kalemdikpol), Irjen Tubagus Anis Angkawijaya (Aspras Polri), Irjen Pudji Harjanto (Kakorlantas), Irjen Syafruddin (Kadiv Propam), dan Irjen Putut (Kapolda Metro Jaya).

Kapolri memastikan calon pengganti Pak Oegro tetaplah Perwira Polisi bintang tiga (Harian Terbit, 18/02/2013). Pernyataan Sutarman itu didukung pengamat kepolisian Bambang Widodo Umar, menurutnya, sangat tepat jabatan Wakapolri diisi jenderang bintang tiga. Siapa saja Perwira Polisi bintang tiga saat ini? Berikut nama yang beredar: Komjen Pol Anton Bachrul Alam (Irwasum), Komjen Pol Badrodin Haiti (Kabaharkam), Komjen Pol Suhardi Alius (Kabareskrim), Komjen Pol Anang Iskandar (Kalakhar BNN), Komjen Pol Suparni Parto (Kabaintelkam), dan Komjen Pol Budi Gunawan (Kalemdikpol).

Ada irisan antara nama yang disebut-sebut IPW dan Perwira bintang tiga tersebut: Komjen Badrodin Haiti dan Komjen Budi Gunawan. Badrodin adalah lulusan terbaik Akpol 1982, sedangkan Budi Gunawan lulusan terbaik Akpol 1983. Kedua Perwira ini pernah disebut-sebut tersangkut rekening gendut dan “transaksi tidak sesuai tidak sesuai profil” (Tempo Interaktif, 28/06/2010). Isu ini tidak tereskalasi signifikan waktu itu. Kedua Perwira ini langsung merespon dengan melaporkan kekayaannya kepada KPK. Respon yang patut diapresiasi.

Bagaimana dengan bintang 3 yang lain? Komjen Pol Suhardi Alius (Kabareskrim) merupakan alumni Akpol 1985 yang pertama kali meraih bintang tiga. Penunjukkannya sebagai Kabareskim didukung banyak pihak, meskipun banyak juga yang meragukan kemampuannya menuntaskan isu rekening gendut perwira Polri. Bintangnya cukup mencorong, mungkin masih punya banyak waktu ke jenjang berikutnya.

Komjen Suparni Parto (Kabaintelkam), merupakan Perwira Polisi yang berpengalaman di bidang intelkam. Alumni Akpol 1980 ini cukup senior. Kalau tidak salah, beliau juga memasuki masa purna tugas tahun ini. Sama seperti Pak Parni, Komjen Pol Anton Bachrul Alam (Irwasum) adalah alumni Akpol 1980. Profilnya cukup menarik, tiga kali bertanggung jawab sebagai Kapolda dan sering jadi ustadz.

Terakhir, Komjen Komjen Anang Iskandar yang saat ini menjabat Kalakhar BNN. Unik, karena beliau rajin menulis bahkan punya blog sendiri di http://anangiskandar.wordpress.com/. Sudah beberapa buku yang beliau tulis dan terbitkan. Kalau tidak salah juga, beliau sudah agak lama tidak berada di struktural organisasi Polri.

Kalau boleh nitip, saya sih lebih suka Kombes Anton Bachrul Alam. Siapa tahu segera melihat para Polwan berjilbab cantik di sekitar kita. Sayang, beliau juga sudah dekat masa purna tugas. Kalau anda mau nitip silahkan titip langsung ke @SBYudhoyono. Konon jabatan wakapolri harus dengan persetujuan Presiden, jadi titip langsung saja sama Presiden. Barangkali itu gunanya media sosial hehehe…!

Nah, kita lihat titipan siapa yang bakal mendampingi Kapolri!

Yang jelas, siapa pun Wakapolri baru, jangan lupa tetap menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas!

Catatan:

Pofil diperoleh dari berbagai berita dan situs wikipedia:

  1. http://id.wikipedia.org/wiki/Anang_Iskandar
  2. http://id.wikipedia.org/wiki/Anton_Bachrul_Alam
  3. http://id.wikipedia.org/wiki/Badrodin_Haiti
  4. http://id.wikipedia.org/wiki/Budi_Gunawan
  5. http://id.wikipedia.org/wiki/Suhardi_Alius
  6. http://id.wikipedia.org/wiki/Suparni_Parto

22 Februari 2014 - Posted by | ARTIKEL

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: