KP2KKN JAWA TENGAH

DEMI ANAK CUCU BERANTAS KORUPSI SEKARANG JUGA

Penonaktifan Salim Diproses


SUARA MERDEKA – Jum’at, 21 Februari 2014

SEMARANG – Bupati Rembang Moch Salim segera berstatus nonaktif setelah menjadi terdakwa kasus dugaan korupsi APBD. Surat penonaktifan sedang diproses Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Ganjar mengatakan, dirinya sudah mendapat laporan dari Biro Hukum terkait status terdakwa Salim. Namun untuk menyusun permohonan penonaktifan, pihaknya harus mendapatkan dokumen register perkara Salim di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Semarang.

”Sudah saya proses hari ini ternyata di Biro Hukum masih memerlukan register, jadi masih nunggu dulu,” katanya, di gubernuran, Kamis (20/2). Jika surat sudah lengkap, gubernur akan mengirimkan ke Kementerian Dalam Negeri.

Ganjar berharap proses penonaktifan sekaligus penunjukan Wakil Bupati Abdul Hafidz sebagai Pelaksana Tugas Bupati bisa berlangsung cepat. ”Materi lengkap, langsung kita susun suratnya, kirim ke Mendagri, mudahmudahan bisa cepat,” katanya.

Dinonaktifkan

Bupati Rembang, Moch Salim, terdakwa kasus korupsi APBD 2006-2007, menjalani persidangan perdana di Pengadilan Tipikor Semarang, Selasa (18/2).

Jaksa menjerat terdakwa Salim primer dan subsider melanggar Pasal 2 (1) dan Pasal 3 juncto Pasal 18 UU Nomor 31/1999 sebagaimana diubah dalam UU Nomor 20/2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi junctoPasal 55 ayat 1 juncto Pasal 64 ayat 1 KUHP.

Sekretaris Komite Penyelidikan Pemberantasan Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme (KP2KKN) Eko Haryanto menyatakan, sesuai ketentuan UU Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah, kepala daerah yang berstatus terdakwa dinonaktifkan. Penonaktifan diputuskan Kemendagri berdasarkan usulan dari gubernur.

Untuk mengusulkan penonaktifan ini, kata Eko, dasarnya adalah bukti perkara persidangan Salim di Pengadilan Tipikor Nomor 18/Pid.Sus/2014/PN.Tipikor Semarang.(H68-80)

Sumber : http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2014/02/21/253235/Penonaktifan-Salim-Diproses

21 Februari 2014 - Posted by | REMBANG

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: