KP2KKN JAWA TENGAH

DEMI ANAK CUCU BERANTAS KORUPSI SEKARANG JUGA

Mantan Kepala Dinas Pendidikan Dituntut 5 Tahun


SUARA MERDEKA – Jum’at, 21 Februari 2014

  • Korupsi DAK Rembang

SEMARANG- Mantan kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Rembang, Dandung Dwi Sucahyo dituntut pidana penjara lima tahun. Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Negeri Rembang, Renanda Bagus, menyatakan Dandung terlibat korupsi Dana Alokasi Khusus APBD Rembang tahun 2011.

Perbuatan Dandung dinilai memenuhi unsur pidana dalam Pasal 2 ayat 1 juncto Pasal 18 Undang-undang (UU)Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi yang diperbarui dengan UU Nomor 20 Tahun 2001. Selain pidana badan, Dandung juga dituntut membayar denda Rp 200 juta, setara dengan enam bulan kurungan.

Jaksa juga menuntut pidana tambahan berupa kewajiban mengembalikan uang negara Rp 4,2 miliar. ’’Apabila dalam waktu satu bulan setelah putusan berkekuatan hukum tetap, terdakwa tidak memenuhinya, maka harta bendanya akan disita.

Jika penyitaan tidak memenuhi, maka terdakwa harus mengganti dengan pidana penjara selama dua tahun,’’ kata Jaksa Renanda Bagus dalam sidang Kamis (20/2) di Pengadilan Tipikor Semarang.

Tak Sendiri

Dana Alokasi Khusus tahun 2011 itu digunakan untuk pengadaan buku pelajaran tingkat SD dan SMP. Untuk buku tingkat SD dialokasikan Rp 5,3 miliar dan SMP Rp 2,5 miliar. Pelaksana proyek pengadaan buku adalah CVAneka Ilmu dan PT Begawan Ilmu. Kenyataannya, buku yang diadakan, khususnya muatan lokal, tidak tercantum dalam SK Gubernur tentang Daftar Muatan Lokal yang diperbolehkan.

Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan Jawa Tengah menilai kerugian atas buku yang tidak sesuai aturan itu mencapai Rp 4,2 miliar. Dalam kasus ini, Dandung tak sendiri.

Sekretaris Dinas Pendidikan Rembang, Bambang Joko Mulyono telah divonis hukuman lima tahun penjara dan denda Rp 200 juta setara dengan dua bulan kurungan.

Bambang berperan sebagai pejabat pembuat komitmen. Atas tuntutan tersebut, Dandung didampingi penasihat hukumnya berencana mengajukan pembelaan tertulis. Majelis hakim yang diketuai Hastopo akan mendengarkan nota pembelaam Dandung pada persidangan pekan depan. (H89-80)

Sumber : http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2014/02/21/253243/Mantan-Kepala-Dinas-Pendidikan-Dituntut-5-Tahun

21 Februari 2014 - Posted by | REMBANG

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: