KP2KKN JAWA TENGAH

DEMI ANAK CUCU BERANTAS KORUPSI SEKARANG JUGA

KPU Terima Surat Aduan soal Pelanggaran APK


SUARA MERDEKA – Senin, 10 Februari 2014

KAJEN, suaramerdeka.com – KPU Kabupaten Pekalongan telah menerima surat aduan dari Panwaskab setempat mengenai banyaknya calon legislatif yang memasang alat peraga secara sembarangan.

Ketua KPU Kabupaten Pekalongan Mudasir mengakui, surat aduan itu telah diterima menyusul adanya laporan atau aduan pelanggaran pemilu dari panwaslu. “Sudah ada surat dari panwaskab tentang pelanggaran APK yang dilayangkan ke kami,” kata Mudasir.

Anggota KPU Kabupaten Pekalongan Divisi Hukum Pengawasan Pencalonan dan Kampanye M Ahsin menambahkan, terkait pelanggaran itu, kata dia, sudah ada tindak lanjut dari pihak berwenang. Dalam hal ini, pihak Satpol PP setempat.

Menurutnya, per 27 Januari 2014, KPU Kabupaten Pekalongan telah mengirimkan surat rekomendasi ke Satpol PP untuk menindaklanjuti surat aduan dari Panwas dengan tembusan ke Panwaskab setempat.

“Memang dua pekan terakhir ini anggota Satpol PP masih fokus dalam menangani bencana yang terjadi di sejumlah wilayah di Kota Santri. Namun yang pasti surat kami sudah mengirimkan surat rekomendasi tersebut,” ujarnya.

Dikatakan, pemasangan alat peraga kampanye yang diperbolehkan adalah peserta pemilu dalam hal ini partai politik. Adapun untuk calon legislatif, secara aturan tidak diperkenankan. Tapi, di beberapa titik jalan masih ditemukan alat peraga kampanye dari calon legislatif.

Berkaitan pelanggaran pemasangan alat peraga, Panitia Pengawas Pemilu Kabupaten Pekalongan menemukan sejumlah calon anggota legislatif yang  membandel. Sebab mereka masih tetap saja melanggar tentang ketentuan zona kampanye. Padahal, mereka telah beberapa kali mendapatkan pemahaman zona kampanye.

Ketua Panitia Pengawas Pemilu Kabupaten Pekalongan Idham Mahbub mengatakan, pihaknya masih menemukan caleg membandel. Dengan bentuk pelanggaran yang dilakukan adalah zonasi kampanye. Padahal Panwaslu dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat telah beberapa kali melakukan sosialisasi secara intensif kepada partai politik (parpol) maupun caleg bersangkutan soal zonasi kampanye.

Dia mengatakan lebih lanjut, pelanggaran zonasi kampanye yang dilanggar adalah masih banyak alat peraga yang dipasang tidak sesuai dengan zonasi yang ditetapkan, yaitu alat peraga kampanye (APK) di setiap zona.  Dengan jenis pelanggaran APK adalah tempat pemasangan yang tidak sesuai. “Tempat pemasangan APK masih banyak yang melanggar,” kata Idham.

Seperti pemasangan di pohon, baik dengan dipaku atau diikatkan. Pelanggaran pemasangan APK di pohon ini sangat banyak. Bahkan, dia memastikan setiap hari semakin banyak caleg yang memasang APK di pohon. “Mungkin karena tidak ada sanksi berat, jadi banyak yang melanggar,” katanya.

Hingga saat ini, pihaknya sudah melakukan pendataan pelanggaran APK. Lantas, pihak satuan polisi pamong praja setempat menindaknya. Penindakan telah dilakukan sebanyak dua kali. Setiap kali penindakan setidaknya 500 APK berhasil ditertibkan. Dengan jenis alat peraga kampanye yang ditertibkan di antaranya berupa banner, spanduk, bendera hingga baliho berukuran besar.

Dia mengatakan, penertiban terhadap alat peraga kampanye itu seharusnya tidak perlu dilakukan jika para caleg memahami ketentuan zonasi. Surat terkait ketentuan zonasi pemasangan APK itu sudah diberikan kepada masing-masing parpol.

( Agus Setiawan / CN31 / SMNetwork )

Sumber : http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/news/2014/02/10/190490/KPU-Terima-Surat-Aduan-soal-Pelanggaran-APK

Iklan

11 Februari 2014 - Posted by | KAJEN - KAB. PEKALONGAN

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: