KP2KKN JAWA TENGAH

DEMI ANAK CUCU BERANTAS KORUPSI SEKARANG JUGA

Jika Terbukti Money Politics, Arianti Dewi Bisa Didiskualifkasi


SUARA MERDEKA.com – Rabu, 05 Februari 2014

SUKOHARJO, suaramerdeka.com – Calon legislatif (Caleg) yang terbukti melakukan pidana pemilu dan sudah ada kekuatan hukum yang tetap, bisa didiskualifikasi dari pencalegan. Hal tersebut diungkapkan Ketua Bawaslu Provinsi Jateng Abhan Misbah. Usai sepervisi dengan sentra Gakkumdu dan Panwaslu Kabupaten Sukoharjo.

“Kalau caleg sudah dinyatakan bersalah melakukan pidana pemilu dan mempunyai kekuatan hukum tetap (inkracht, red), bisa dibatalkan,” tegas Abhan, Rabu (5/2).

Sebab, pidana pemilu khususnya money politics itu sudah bagian dari pidana pemilu dengan kategori pelanggaran berat. Apalagi money politik itu adalah embrio dari terjadinya KKN.

Terkait dengan kasus Arianti Dewi (AD), salah satu Caleg DPR RI dari Dapil V yang terindikasi melakukan money politik, Abhan mengatakan itu dalam tahap pendalaman. Pihak-pihak terkait akan segera dipanggil. “AD sendiri juga akan diundang untuk diklarifikasi,” ungkapnya.

Yang jelas, ada indikasi awal bahwa caleg yang bersangkutan saat menggelar kegiatan di dukuh Padasan Desa Mranggen, Polokarto melakukan money politik. Sebab di sana ditemukan pembagian sembako yang pembungkusnya tertulis nomor urut caleg serta nama caleg. Selain itu, di tempat yang lain juga ditemukan pembagian gantungan kunci.

“Pembagian sembako di sana itu sudah indikasi awal ada pelanggaran. Secara eksplisit atau implisit, pemberian itu bisa dikategorikan ajakan.”

Pihaknya sebagai pengawal demokrasi tidak mempersoalkan caleg akan melakukan kegiatan, sepanjang tidak melanggar aturan yang sudah ada.

( Heru Susilo / CN38 / SMNetwork )

Sumber : http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/news/2014/02/05/189919/Jika-Terbukti-Money-Politics-Arianti-Dewi-Bisa-Didiskualifkasi

6 Februari 2014 - Posted by | SUKOHARJO

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: