KP2KKN JAWA TENGAH

DEMI ANAK CUCU BERANTAS KORUPSI SEKARANG JUGA

Korupsi PDAM Grobogan: Indragiri Dihukum 20 Bulan


SUARA MERDEKA.com – Sabtu, 01 Februari 2014

SEMARANG, suaramerdeka.com – Mantan pegawai bagian pengadaan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Grobogan, Abdurrahman Indragiri (45) dijatuhi hukuman 20 bulan oleh Pengadilan Tipikor Semarang. Ia dinyatakan terbukti terlibat korupsi pengadaan barang di PDAM Grobogan tahun 2011.

“Menyatakan terdakwa terbukti secara sah dan meyakinkan melanggar Pasal 3 junctoPasal 18 Undang-undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi yang diubah dab disempurnakan dengan Undang-undang Nomor 20 Tahun 2001, <I>juncto<P> Pasal 64 ayat 1 KUHP,” demikian Hakim Suyadi membacakan putusan.

Selain pidana badan, Indragiri juga dijatuhi pidana denda Rp 50 juta setara dengan hukuman pengganti tiga bulan kurungan. Tak hanya itu, Indragiri masih dijatuhi pidana tambahan berupa kewajiban mengganti uang negara sebesar Rp 53 juta. Jumlah tersebut sesuai dengan hasil audit Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Jawa Tengah.

Berdasarkan barang bukti dan keterangan beberapa saksi, anggaran ABPD 2011 senilai Rp 1,2 miliar diduga disimpangkan. Sedianya anggaran tersebut digunakan untuk pembelian polyacid chloride (PAC), pipa dan aksesoris. Namun setelah dicek, jumlah barang tidak sesuai kuitansi pembelian.

Berdasar audit internal yang rutin dilakukan di PDAM oleh kantor akuntan publik, terdapat 95 transaksi senilai Rp 1,1 miliar tanpa didukung administrasi memadai. Setelahnya, pihak inspektorat melakukan klarifikasi dan hanya menemukan 28 transaksi yang tidak bisa dipertanggungjawabkan.

Setelah diperiksa, hanya empat transaksi yang tidak bisa dipertanggungjawabkan. Totalnya senilai Rp 53 juta.Putusan itu lebih rendah dari tuntutan jaksa. Sebelumnya jaksa menuntut pidana dua tahun penjara. Pihak Indragiri menerima putusan tersebut.

( Eka Handriana / CN26 / SMNetwork )

Sumber : http://m.suaramerdeka.com/index.php/read/news/2014/02/01/189339

3 Februari 2014 - Posted by | GROBOGAN

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: