KP2KKN JAWA TENGAH

DEMI ANAK CUCU BERANTAS KORUPSI SEKARANG JUGA

Korupsi Dana LUEP, Nurjanah dan Sugiyana Divonis 1 Tahun


SUARA MERDEKA.com – Senin, 03 Februari 2014

YOGYAKARTA, suaramerdeka.com – Dua terdakwa kasus korupsi dana penguatan modal Lembaga Usaha Ekonomi Pedesaan (LUEP) Kabupaten Sleman tahun 2005, Nurjanah dan Sugiyana Wiratna dinyatakan bersalah.

Dalam sidang terpisah di Pengadilan Tipikor Yogyakarta, Senin (3/2), majelis hakim yang diketuai Mochamad Mawardi menjatuhkan vonis 1 tahun penjara kepada keduanya. Selain itu, mereka juga diharuskan membayar denda Rp 50 juta subsider satu bulan kurungan.

“Menyatakan terdakwa bersalah melanggar ketentuan pasal 3 jo pasal 18 ayat 1 UU nomor 31 tahun 1999 sebagaimana diubah dan ditambah UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang Tipikor,” urai Mawardi.

Sebelumnya, jaksa menuntut hukuman masing-masing 2 tahun, dan denda Rp 50 juta subsider tiga bulan kurungan. Atas vonis itu, pihak terdakwa dan jaksa menyatakan pikir-pikir.

Dalam sidang terungkap, dua kasus yang merugikan negara Rp 145 juta itu dilakukan dengan modus penyelewengan peruntukan anggaran. Pada Juli 2005, keduanya mengajukan proposal dana pinjaman ke Dinas Pertanian, Perikanan, dan Kehutanan Sleman untuk membeli beras dari kelompok tani.

Setelah diverifikasi, Pemkab menyetujui pengucuran dana bagi Nurjanah dan Sugiyana, masing-masing Rp 100 juta dan Rp 45 juta. Tapi ternyata bantuan tidak diperuntukkan membeli beras dari mitra kerja, melainkan digunakan untuk kepentingan pribadi.

Sampai jatuh tempo pada 31 Agustus 2006, mereka juga tidak mengembalikan uang pinjaman tersebut. Dari hasil penghitungan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) DIY, didapati sejumlah kerugian negara akibat perbuatan para terdakwa.

Dalam perkara ini terdakwa tidak dijatuhi vonis uang pengganti. Sebab, saat proses penyidikan di Kejaksaan Negeri Sleman, mereka sudah mengembalikan uang pinjaman tersebut ke kas negara.

( Amelia Hapsari / CN31 / SMNetwork )

Sumber : http://m.suaramerdeka.com/index.php/read/news/2014/02/03/189611

3 Februari 2014 - Posted by | JOGJA RAYA

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: